....Kami mengembangkan Bunin menjadi desa ekowisata pertama di Kabupaten Aceh Timur,
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Timur melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) mengembangkan Desa Bunin di Kecamatan Serbajadi menjadi desa ekowisata pertama di daerah itu.

"Desa Bunin memiliki potensi ekowisata yang menjanjikan. Kami mengembangkan Bunin menjadi desa ekowisata pertama di Kabupaten Aceh Timur," kata Kepala Seksi Pengembangan Potensi Objek dan Kawasan Wisata Disparpora Kabupaten Aceh Timur Dody Handoko di Aceh Timur, Selasa.

Selama ini, kata Dody Handoko, kunjungan wisatawan ke Desa Bunin meningkat drastis setelah akses transportasi ke kawasan itu semakin membaik.

Baca juga: Kepala BMKG sebut konsep ekowisata Banyuwangi cegah perubahan iklim

Untuk menuju Desa Bunin harus melintasi jalan Peureulak menuju Lokop yang menghubungkan Kabupaten Aceh Timur dengan Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh.

Menurut Dody Handoko, sejumlah potensi yang ada di Desa Bunin yakni, arung jeram, wisata perkembangan, air terjun, serta kelestarian alam dan lingkungan yang masih alami.

Namun, kata Dody Handoko, potensi yang ada serta bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk
 bernilai ekonomis ini akan sia-sia jika alam dan lingkungan yang ada tidak dijaga dengan baik.

"Kami siap mengembangkan Bunin menjadi desa ekowisata. Kami juga membutuhkan dukungan para pihak, termasuk dukungan Yayasan HAkA yang selama ini telah banyak membantu serta mendampingi masyarakat Desa Bunin," katanya.

Baca juga: Dompet Dhuafa beri pendampingan lima komunitas di sepanjang Ciliwung

Sekretaris Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh (HAkA) Badrul Irfan mengatakan pihaknya selama ini aktif menggali potensi desa, terutama dalam mengembangkan Desa Bunin sebagai desa ekowisata di Kabupaten Aceh Timur.

"Selama ini, kami juga mendampingi kelompok usaha perhutanan sosial di bawah lembaga pengelola hutan gampong setempat. Dan ini menjadi modal pemerintah daerah mengembangkan desa ekowisata di Bunin," katanya.

Untuk pengembangan desa ekowisata ini, pihaknya menyalurkan bantuan berupa tenda dan peralatan kemah serta alat keselamatan untuk arung jeram seperti helm, pelampung, dan ban pelampung,

"Kami berharap bantuan tersebut bisa membantu masyarakat mengembangkan ekowisata di Desa Bunin. Kami juga mengapresiasi Pemkab Aceh Timur yang mengembangkan ekowisata di pedalaman daerah tersebut," kata Badrul Irfan.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024