Solo (ANTARA) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berkomitmen mengembangkan fasilitas pendidikan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah melalui kerja sama dengan pemerintah setempat.

Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof Kuncoro Diharjo di Solo, Jawa Tengah, Selasa, mengatakan pada pengembangan fasilitas pendidikan tersebut, UNS bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kebumen.

"Dalam hal ini, UNS siap menyediakan sumber daya manusia dan mengelola operasional pendirian kampus baru di Kebumen," katanya.

Ia mengatakan dalam kerja sama tersebut, Pemkab Kebumen menyediakan lahan dan sarana prasarananya. Sedangkan dari UNS menyediakan hal lain, di antaranya SDM, pemeliharaan gedung dan gaji pegawai.

Baca juga: UNS segera kembangkan kampus di Kabupaten Kebumen

Menurut dia, rencananya pada tahap awal dibuka dua atau tiga program studi atau fakultas baru.

"Kemungkinan besar akan melibatkan program studi atau Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Hukum, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP)," katanya.

Sedangkan untuk prodi atau fakultas baru di Kebumen akan difokuskan pada jenjang S1 terlebih dahulu. Selanjutnya, untuk PGSD akan dibuka jenjang S1 dan S2.

Sebelumnya, penandatanganan nota kesepahaman antara UNS dengan Pemkab Kebumen dilakukan pada pekan lalu. Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan hubungan baik antara Pemkab Kebumen dengan UNS telah berlangsung lama.

"Terutama dengan keberadaan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UNS yang sudah lama berdiri di Kebumen. Oleh karena itu, kami merasa perlu mengembangkan fasilitas pendidikan UNS di Kebumen," katanya.

Baca juga: UNS raih tiga penghargaan di ajang Anugerah Diktiristek 2023

Baca juga: UNS targetkan dua medali emas pada Pimnas 2023


Pihaknya juga akan memberikan hibah lahan dan bangunan untuk kampus UNS di Kebumen.

"Namun, pada tahap awal, ini bersifat pinjam pakai hingga tahun 2025, dan lokasinya berada di bekas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kebumen. Langkah ini diambil untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kebumen," katanya.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024