Tangerang (ANTARA) - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengatakan rencana partai-nya membentuk Youth Center atau pusat kegiatan pemuda untuk ajang pameran hasil karya dan produk UMKM akan dijadikan basis data untuk investor.

"Sebenarnya kenapa Youth Center ini penting, nanti itu kan ada database. Database-nya itu yang penting, nanti bisa di kasihkan ke investor, nanti investor jadi bisa lihat. Kalau mereka mau invest jadi lebih gampang," kata Kaesang saat berdiskusi dengan komunitas, pelaku UMKM, dan influencer di Tangerang, Banten, Selasa.

Ide membentuk Youth Center ini pernah diutarakan sebelumnya yang menjadi gagasan PSI apabila berhasil masuk ke parlemen. Youth Center tersebut nantinya akan dibentuk pada setiap kecamatan guna memberikan ruang bagi anak muda.

Youth Center itu akan menjadi tempat berkegiatan-nya anak-anak muda dalam hal forum diskusi ataupun memamerkan hasil karya. Kaesang sendiri menyebut Youth Center adalah ajang pamer karya anak-anak muda untuk dikenalkan lebih luas.

Baca juga: Kaesang akan gandeng startup untuk kembangkan PSI

Baca juga: Kaesang keliling Banten pastikan kemenangan PSI dan Prabowo-Gibran


Selain sebagai basis data bagi para investor, data UMKM yang terdapat pada Youth Center itu nantinya juga akan terhubung dengan data pemerintah.

Oleh karena itu Kaesang mengajak para anak muda untuk berlomba-lomba menghasilkan karya dan ditampilkan di Youth Center agar bisa mendapat eksposur yang lebih luas.

Anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka yang juga hadir pada diskusi tersebut menambahkan eksposur lebih luas produk-produk dalam negeri telah dilakukan sebelumnya oleh Presiden RI Joko Widodo yang kerap mengenakan berbagai produk lokal dalam beberapa kesempatan.

Dia mencontohkan produk sepatu merek dalam negeri yang dikenakan oleh Presiden Jokowi, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, ataupun Kaesang sendiri seringkali mendapat lebih banyak atensi masyarakat setelahnya.

Kaesang berkeliling ke sejumlah wilayah di Provinsi Banten untuk menjalani agenda politik guna memastikan kemenangan PSI dan Prabowo-Gibran pada hari ini hingga besok Rabu (3/1). Kaesang menjalani kunjungan politiknya didampingi oleh Anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka, Wakil Ketua Umum PSI Andy Budiman, dan Ketua DPW PSI Banten M Hafiz Ardianto.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024