Warga Indonesia di Rusia berlebaran di KBRI di Moskow

Warga Indonesia di Rusia berlebaran di KBRI di Moskow

Ratusan muslimin dan muslimat Indonesia dalam barisan saat shalat Ied di dalam kompleks KBRI di Moskow, Rusia, Kamis pagi waktu setempat. Seusai shalat Ied, mereka saling bermaaf-maafan dan bersilaturahmi laiknya di Tanah Air. (KBRI di Moskow)

... cari ilmu sebanyak-banyaknya dan mempersiapkan hidup sebelum datang kematian dengan memperbanyak amal ibadah... "
Jakarta (ANTARA News) - Nun jauh di sana, sekitar 200 orang masyarakat muslim Indonesia di Rusia pagi ini berkumpul untuk bersama-sama melaksanakan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1434 H di dalam kompleks KBRI di Moskow.

Informasi terhimpun dari Kepala Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI di Moskow, Lailal K Yuniarti, di Jakarta, Kamis, bertindak selaku imam dan khatib adalah Kepala Sekolah Indonesia Moskow, Dr Sugiarto, yang juga ketua Himpunan Persaudaraan Islam Indonesia Moskow.

Dalam khotbahnya, Sugiarto mengajak umat muslim Indonesia di Rusia mensyukuri nikmat telah melaksanakan ibadah Ramadhan sekaligus bermuhabasah untuk merenung seraya mengevaluasi diri, apakah ibadah Ramadhan yang dilaksanakan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.    

Dia menyitir ajaran Nabi Besar Muhammad SAW mengajak umatnya untuk mempersiapkan diri dengan lima hal penting. Yaitu memanfaatkan waktu luang untuk meningkatkan iman dan takwa, menafkahkan harta di jalan Allah, dan mensyukuri nikmat sehat untuk menjalankan ibadah.

"Lalu mencari ilmu sebanyak-banyaknya dan mempersiapkan hidup sebelum datang kematian dengan memperbanyak amal ibadah," kata dia.

Seusai shalat Ied, seluruh warga Indonesia yang hadir juga menerima informasi-informasi terkait masalah kekonsuleran yang kerap dijumpai di Rusia, antara lain mengenai lapor diri, perpanjangan paspor dan visa.

Pertemuan diakhiri dengan silaturahmi di KBRI di Moskow yang dipimpin Kuasa Usaha ad interim KBRI di Moskow, Moenir A Soenanda, dan istri. 

Suka cita perayaan Idul Fitri pun dinikmati seluruh masyarakat Indonesia yang hadir dalam acara tersebut. 

Rasa sedih berlebaran jauh dari keluarga di Indonesia pun sedikit terobati dengan berkumpul bersama seluruh masyarakat Indonesia yang senasib sepenanggungan di perantauan. 

Hidangan-hidangan khas lebaran yang disajikan pun cukup mengobati rindu terhadap Tanah Air.

Lontong opor, sayur godog, sambal goreng hati, kerupuk, pempek dan kue-kue khas Indonesia pun diserbu masyarakat yang baru selesai melaksanakan ibadah puasa yang panjang di Rusia,  yang kini mencapai hampir 20 jam setiap hari.  

Sekitar 25  juta umat muslim Rusia di berbagai daerah juga melaksanakan Idul Fitri 1 Syawal 1434 H dengan melaksanakan shalat Ied di sejumlah masjid, antara lain di mesjid Tatar, yang tidak terlalu jauh dari KBRI di Moskow

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Terapkan protokol kesehatan, warga Pangkalpinang laksanakan shalat Id di masjid

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar