Jadi, yang penting itu niatnya."
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR, Marzuki Alie, mengajak para anggota DPR untuk memanfaatkan Idul Fitri sebagai momen pemacu semangat untuk bekerja lebih baik.

"Tentu saya berharap momentum Idul Fitri ini dijadikan awal untuk bekerja lebih baik oleh rekan-rekan di DPR, walaupun kita tahu ini tahun politik," katanya saat ditemui pada acara silaturahim terbuka untuk publik di Jakarta, Kamis.

Dia mengimbau, para anggota DPR untuk tetap mendahulukan kewajiban sebagai wakil rakyat di atas kepentingan politik mengingat semakin dekatnya ajang pemilu legislatif dan pemilihan presiden (pilpres) 2014.

"Yang jelas, kita harus melaksanakan kewajiban terlebih dahulu. Insya Allah kita akan terpilih lagi karena Allah Maha Mengetahui. Dan, percayalah kalau Allah mau memilih kita, maka kita ya bekerja seperti biasa dan turun ke bawah," ujarnya.

Marzuki juga menyatakan harapannya, agar semua anggota DPR dapat terus mempertahankan nilai-nilai kebaikan yang sudah dilaksanakan selama bulan Ramadhan, seperti kejujuran, disiplin, dan empati sosial.

"Nilai-nilai baik selama Ramadhan itu dapat dijadikan modal untuk pembangunan karakter bangsa," kata Ketua DPR itu.

Terkait komunikasi politik, dia mengatakan, Idul Fitri dapat menjadi momen yang baik untuk membangun silaturahim politik, termasuk dengan rekan-rekan yang berbeda partai.

"Jadi, yang penting itu niatnya. Walaupun itu komunikasi politik, tetap saja itu komunikasi, seperti pada umumnya dengan sesama manusia," kata Marzuki.

Pada kesempatan itu, dia juga mengatakanm pihaknya telah membagikan beberapa bingkisan Lebaran untuk para konstituen dan rekan sejawat.

"Bingkisan Lebaran itu sudah jalan dan sudah selesai. Setelah Ramadhan, saya sudah membagi bingkisan Lebaran, tidak hanya untuk kerabat dekat dan konstituen, tetapi untuk semua juga," tuturnya.

Ketua DPR itu berpendapat, Idul Fitri merupakan saat yang tepat untuk saling berbagi sekaligus menjalin silaturahim dan kebersamaan.

Dia mencontohkan bahwa zakat fitrah dapat dimanfaatkan sebagai "alat" untuk membangun kebersamaan di tengah masyarakat.

"Pada hari Lebaran ini kita saling berbagilah, yang punya penghasilan bisa berbagi kepada masyarakat yang kurang mampu. Jadi, masyarakat dapat saling membantu, bahkan orang miskin pun wajib membantu," katanya.

Marzuki Alie mengadakan acara silaturahim terbuka untuk publik di rumah dinas Ketua DPR di Jalan Widya Chandra III Nomor 10 Jakarta.

Acara itu berlangsung siang hari mulai pukul 13.00 WIB, karena Marzuki harus bersilaturahim terlebih dahulu ke rumah dinas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono usai Salat Id.

Silaturahim Idul Fitri itu dihadiri para tamu undangan, diantaranya para anggota MPR/DPR dan para duta besar dari beberapa negara sahabat, seperti Mesir, Bangladesh, Vietnam, dan Yaman.

Acara itu diisi dengan kegiatan bersalam-salaman dan berfoto bersama yang dilanjutkan dengan makan siang bersama yang diiringi dengan lantunan lagu-lagu Islami.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013