Jakarta (ANTARA) -
Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar meneladani kegigihan almarhum Habib Husein Luar Batang dalam menyiarkan agama Islam dan melawan penjajah pada masa lampau.
 
Pernyataan itu disampaikannya setelah berziarah di makam Habib Husein Luar Batang di Jalan Luar Batang V, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada Selasa petang.
 
"Semua masalah ada solusinya, semua tantangan atau problematika kehidupan itu ada jalan keluarnya, sehingga tidak boleh lemah," kata dia.
 
Lebih lanjut, pria yang kerap disapa Gus Imin itu mengatakan, bahwa kegigihan almarhum Habib Husein bisa menjadi contoh untuk tidak takut melawan ketidakadilan, karena menginginkan perubahan menuju kehidupan yang lebih baik.
 
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengaku, Presiden ke-4 RI, yaitu almarhum Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang pertama kali memberi tahu tentang makam tersebut.
 
Diketahui, Masjid Jami' Keramat Luar Batang dibangun Habib Husein pada Abad ke-18. Habib Husein merupakan seorang tokoh penentang kolonial Belanda di kawasan Sunda Kelapa atau Jakarta pada masa kini. Dia wafat pada 24 Juni 1756 dalam usia yang relatif muda, yaitu kurang dari 40 tahun.
 
Hingga kini, masjid itu hampir setiap hari didatangi peziarah, karena di dalam kompleks masjid terdapat ruang makam keramat Habib Husein bin Abubakar Alaydrus dan asistennya, seorang keturunan Tionghoa bernama Habib Abdul Kadir.
 
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Muhaimin: Stasiun TV pemegang hak siar debat ketiga harus independen

Baca juga: Pengamat: KPU harus libatkan multipihak amankan data pemilu

Baca juga: Timnas AMIN percaya Pilpres 2024 berlangsung dua putaran

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024