Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Selasa (2/1), mulai dari Lembaga Indonesia Political Expert (IPE) merilis temuan survei bahwa elektabilitas Ganjar Pranowo-Mahfud Md unggul teratas hingga Perludem sebut KPU harus minta maaf soal surat suara di Taipei.

Berikut rangkuman berita bidang politik kemarin untuk kembali Anda simak.

1. Survei IPE: Ganjar-Mahfud ungguli Prabowo-Gibran

Lembaga Indonesia Political Expert (IPE) merilis hasil survei terkini dimana pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar-Mahfud Md unggul atas Prabowo-Gibran Rakabuming dan Anies-Muhaimin.

Direktur Survei IPE Agustanto di Jakarta, Selasa, menjelaskan survei dilaksanakan selama tiga periode yakni Agustus-September, November dan Desember 2023. Pasangan Ganjar-Mahfud berturut-turut memperoleh elektabilitas 30,45 persen, 32,78 persen dan 33,57 persen.

Pasangan Prabowo-Gibran mendapatkan elektabilitas 29,89 persen, 30,75 persen dan 31,25 persen. Sementara pasangan Anies-Muhaimin mengumpulkan elektabilitas 23,79 persen, 25,60 persen dan 26,79 persen.

Selengkapnya di sini.


2. Presiden Jokowi kunjungi Purworejo resmikan terminal hingga jembatan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah, Selasa, untuk meresmikan operasional fasilitas publik berupa terminal hingga jembatan.

Biro Pers Sekretariat Presiden di Jakarta, menginformasikan Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana Joko Widodo dan rombongan terbatas lepas landas dari Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU sekitar pukul 06.35 WIB.

Selengkapnya di sini.


3. Puspoll Indonesia prediksi 9 parpol yang lolos ke Senayan

Lembaga Survei Pusat Polling (Puspoll) Indonesia merilis hasil survei terbarunya periode Desember 2023 terkait elektabilitas partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024.

Berdasarkan hasil survei Puspoll itu, PDIP masih unggul di peringkat pertama disusul Partai Gerindra dan Golkar.

"Elektabilitas Partai papan atas masih didominasi 3 partai yaitu PDIP, Gerindra, dan Golkar. Di papan tengah ada PKB, PKS dan Nasdem," kata Direktur Eksekutif Puspoll Indonesia Muslimin Tanja di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini.


4. Bertemu relawan Tangerang, Kaesang serukan Prabowo-Gibran satu putaran

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep saat berkonsolidasi dengan sukarelawan pendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Tangerang, Banten, menyerukan memenangkan paslon nomor urut 2 itu satu putaran pada Pilpres 2024.

"Pesan saya, yang pengen saya gaungkan adalah coblos Gibran, satu putaran, itu satu. Sama yang ikut Jokowi pilih PSI," kata Kaesang di Tangerang, Selasa.

Selengkapnya di sini.


5. Soal surat suara di Taipei, Perludem: KPU harus minta maaf

Direktur Eksekutif Pembina Pemilu untuk Demokrasi (Perludem) Khoirunnisa Nur Agustyati mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk meminta maaf secara terbuka atas kejadian pembagian surat suara Pemilu 2024 kepada pemilih di Taipei, Taiwan, yang tidak sesuai dengan jadwal.

"KPU harus meminta maaf dan memberi peringatan keras kepada PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) Taipei," kata Ninis, sapaan Khoirunnisa Nur Agustyati, saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini.
 

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024