Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik menjadi sorotan dalam sepekan terakhir, di antaranya surat suara Pemilu 2024 yang diterima lebih awal dari jadwal ke para pemilih sampai dengan persiapan debat ketiga Pilpres 2024 yang diikuti para calon presiden.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik sepekan yang menarik untuk dibaca kembali:

KPU gerak cepat tangani pembagian surat suara lebih awal di Taiwan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bergerak cepat untuk menangani pembagian surat suara Pemilu 2024 kepada pemilih di Taipei, Taiwan, sebelum waktunya.

Anggota KPU RI Idham Holik di Jakarta, Senin, mengatakan langkah ini sebagai upaya menjaga kepercayaan publik terkait kecakapan penyelenggara pemilu.

Baca selengkapnya di sini.


Terima masukan, KPU tambah TV penyelenggara debat ketiga Pilpres 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menambahkan hak siar kepada Garuda TV untuk ikut menayangkan gelaran debat ketiga Pilpres 2024 yang akan mempertemukan ketiga calon presiden untuk kedua kalinya pada hari Minggu (7/1).

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menerangkan bahwa penambahan Garuda TV sebagai televisi penyelenggara debat ketiga untuk mengakomodasi masukan dari berbagai pihak, khususnya tim sukses pasangan calon presiden/wakil presiden yang akan berdebat.

Selengkapnya baca di sini.


KPU jamin independensi dua panelis dari Unhan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjamin integritas dan independensi kesebelas panelis yang telah ditunjuk pada setiap gelaran debat pilpres, termasuk pada debat pilpres ketiga yang akan mempertemukan para calon presiden (capres) untuk kedua kalinya.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menyampaikan pernyataan tersebut guna menjawab polemik terkait dua panelis pada debat pilpres ketiga yang berasal dari Universitas Pertahanan (Unhan) dan terafiliasi di bawah Kementerian Pertahanan.

Selengkapnya baca di sini.


Presiden Jokowi makan malam didampingi Menhan Prabowo Subianto

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan Presiden Joko Widodo makan malam ditemani Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat malam.

"Malam ini, Bapak Presiden rileks sejenak mencoba masakan Nusantara di Rumah Makan Seribu Rasa Menteng. Saat makan malam, Presiden didampingi Menhan Bapak Prabowo Subianto," kata Ari dalam pesan singkat di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024