Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik sepekan menjadi sorotan, di antaranya aktivitas tiga pasangan calon selama masa kampanye pemilihan presiden (pilpres) 2024 sampai persiapan debat ketiga dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik sepekan yang menarik untuk kembali dibaca:

50 Kiai dan Gus se-Jatim dukung Prabowo-Gibran

Sebanyak 50 Kiai dan Gus se-Jawa Timur silaturahim bersama Habib Luthfi bin Yahya di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada kegiatan Nderek Dawuh yang digawangi oleh para kiai muda serta didukung relawan Prabowo Gibran dari Brigade Indonesia Maju (IM) serta Rumah Keluarga Bersama (RKB).

Ketua Umum RKB, Wigit Bagoes Prabowo dalam keterangannya di Sidoarjo, Jumat mengatakan ke- 50 Kyai dan Gus se-Jawa Timur juga mendeklarasi dukungan kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029.

Selengkapnya baca di sini.


KPU sediakan podium dan satu mikrofon pada debat ketiga pilpres 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan kembali menyediakan podium dan satu mikrofon untuk pasangan calon pada debat ketiga pilpres 2024 berikutnya.

"Pada saat rapat tadi disepakati penggunaan podium tetap dilakukan. Posisinya memang seperti jangkar," ujar Anggota KPU RI August Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.


Elektabilitas Prabowo-Gibran tinggi, LSJ prediksi pilpres satu putaran

Lembaga Survei Jakarta (LSJ) memprediksi pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres) tahun 2024 berlangsung hanya dalam satu putaran karena elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang tinggi.

"Karena pasangan Prabowo-Gibran telah berhasil menembus elektabilitas 50,3 persen, secara sistematis pilpres 2024 diprediksi akan berlangsung dalam satu putaran saja,” kata Peneliti Senior LSJ Fetra Ardianto di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.


TPN Ganjar-Mahfud sentil survei Prabowo-Gibran di atas 50 persen

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menyentil sejumlah lembaga survei yang menempatkan elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran di atas 50 persen atau bisa menang satu putaran pada Pilpres 2024.

Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi, mengatakan bahwa survei-survei tersebut bisa dijadikan alat intimidasi, mobilisasi, dan pengondisian.

Selengkapnya baca di sini.


Lukas Enembe, dari PNS hingga Gubernur Papua dua periode

Mantan Gubernur Papua Lomato Enembe atau lebih akrab dipanggil Lukas Enembe mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (26/12).

Kabar berpulangnya Lukas Enembe dikonfirmasi oleh Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letnan Jenderal TNI dr. Albertus Budi Sulistya. Ketika dihubungi ANTARA lewat pesan singkat di Jakarta, Albertus mengatakan bahwa Lukas berpulang pada pukul 10.45 WIB.

Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023