Kami belum bisa memastikan kerugian yang dialami oleh pemilik kios yang terbakar namun ditaksir sekitar ratusan juta."
Kolaka (ANTARA News) - Puluhan kios pedagang yang menjual sembilan bahan pokok (sembako) di Pasar Raya Mekongga, Kabupaten Kolaka terbakar sekitar pukul 23.00 wita.

Dua unit mobil pemadam kebakaran milik Pemda Kolaka serta satu unit milik PT.Antam berupaya memadamkan api yang semakin membesar dengan dibantu warga sekitar hingga api dapat dijinakkan satu jam kemudian.

Kepala unit pelaksana teknis dinas (UPTD) Pasar Raya Mekongga, Basir yang ditemui di lokasi kebakaran mengatakan lot pasar yang terbakar itu berada di blok T, dimana sekitar 32 kios hangus terbakar.

"Kami belum bisa memastikan kerugian yang dialami oleh pemilik kios yang terbakar namun ditaksir sekitar ratusan juta," katanya.

Begitu juga dengan penyebab kebakaran, kata dia, belum bisa dipastikan karena saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan dengan memasang garis polisi di lokasi kejadian.

"Untuk sementara pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait kebakaran kios sembako itu," ungkapnya.

Sementara beberapa pedagang pemilik kios nampak histeris dan pasrah melihat api yang berkobar melahap kios yang selama ini menjadi tempat mata pencaharian mereka.

Hingga berita ini diturunkan mobil pemadam milik pemda Kolaka dan PT. Antam masih melakukan penyiraman ke titik api untuk mengantisipasi agar api tidak membesar dengan dibantu warga dan pemilik kios. (DWS)

Pewarta: Darwis Sarkani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013