... beberapa perusahaan 'khan sudah menetapkan tanggal masuk dari libur Lebaran... "
Jakarta (ANTARA News) - Arus balik mudik di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, diperkirakan akan terjadi pada H+3 atau pada 12 Agustus 2013.

Petugas bertanggungjawab atau Officer in Charge (OIC) yang ditemui di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Frans Yosef, mengatakan, "Prediksi kami sekitar H+3 atau 12 Agustus 2013. Soalnya beberapa perusahaan 'khan sudah menetapkan tanggal masuk dari libur Lebaran."

Yosef juga mengatakan, arus balik rata-rata didominasi oleh kedatangan dari 10 kota utama seperti Surabaya, Makassar, Kualanamu (Medan), Denpasar, Semarang, Yogyakarta, Padang, Palembang, Pontianak dan Pangkalpinang.

"Untuk 10 kota besar itu rata-rata ada enam hingga 13 penerbangan setiap hari," ujarnya. Dijelaska, arus balik Lebaran tiap tahunnya tidak pernah selalu sama, yakni pada H+3. Menurutnya, hal itu disebabkan adwal libur karyawan serta libur sekolah.

"Namun umumnya sehari sebelum masuk kerja atau sekolah, itu biasanya akan ramai sekali," imbuhnya.

Hingga siang di hari kedua Idul Fitri 1434 H atau Lebaran 2013 ini, tercatat ada sekitar 20.778 penumpang yang datang dan berangkat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 

Sementara secara kumulatif hingga H1 (hari pertama Idul Fitri) tercatat ada 1.290.222 penumpang yang datang dan berangkat di bandara ini, naik sekitar 2,64 persen dibandingkan pada H1 (Idul Fitri) pada 2012 lalu.

Dalam pantauan di lokasi, suasana di Terminal 1,Terminal 2 dan Terminal 3 relatif normal. Penumpang dengan koper besar bersama keluarga yang terdiri dari orangtua dan anak mendominasi pemandangan.

Pewarta: ade irma junida
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013