... mobil plat B mah dari kemarin juga sudah ramai, Kang... "
Bandung (ANTARA News) - Hari kedua Idul Fitri 1434 Hijriah, kawasan factory outlet (FO) di Jalan Martadinata dan Ir H Djuanda (Dago), Kota Bandung, Jumat, dipenuhi kendaraan bermotor roda empat plat "B" atau kendaraan dengan nomor polisi B yakni dari Jakarta.

Salah satu FO di Jalan Martadinata yang dipenuhi kendaran plat "B" itu adalah FO The Secret dan Stamp Factory Outlet.

"Kalau mobil plat B mah dari kemarin juga sudah ramai, Kang. Jadi bukan siang ini saja, kemarin sore sampai malam, orang-orang Jakarta terus berdatangan," kata salah seorang petugas juru parkir di The Secret, Gugun.

"Bandung teh sudah seperti rumah kedua untuk orang Jakarta, Kang," kata Gugun. Jalan tol Cipularang menyumbang besar atas kehadiran mobil-mobil berplat nomor awalan B itu. 

Salah seorang warga asal ibu kota Jakarta, Riska Fahminy (25), menuturkan, dia sengaja datang ke Bandung untuk menghabiskan liburan Lebaran.

"Kebetulan ada saudara di Bandung, jadi ya sengaja jalan-jalan ke FO ini," kata gadis berpenampilan modis itu. 

Menurut dia, jika datang ke Bandung itu belum lengkap, jika bisa icip-icip wisata kulinernya seperti Batagor, Mie Kocok, dan lain-lain.

"Apalagi sekarang banyak makanan seperti keripik Ma Icih, Brownies di dekat FO ini. Terus sekarang juga ada tempat baru di sini namanya Misbar, di sana konsepnya keren banyak makanan jadul terus bisa nonton seperti layar tancap di dalamnya sambil makan," ujar dia.

Akibat begitu banyak warga luar Kota Bandung yang datang ke FO, arus lalu lintas di Jalan Riau menjadi tersendat dan menimbulkan kemacetan. Untuk bisa menempuh jarak satu kilometer bisa menghabiskan waktu 45 menit. 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013