Jumlah pendaftaran itu meningkat dibandingkan realisasi pada 2023 yang mencapai tujuh kapal pesiar
Denpasar (ANTARA) - BUMN PT Pelindo Cabang Pelabuhan Celukan Bawang, Kabupaten Buleleng, Bali menerima pendaftaran sebanyak 15 kapal pesiar untuk singgah di pelabuhan itu selama 2024.

“Jumlah pendaftaran itu meningkat dibandingkan realisasi pada 2023 yang mencapai tujuh kapal pesiar. Sebanyak 15 kapal pesiar yang daftar itu berpeluang bertambah,” kata General Manager Pelindo Celukan Bawang Hadi Sukamto di Denpasar, Rabu.

Untuk mengantisipasi lonjakan kedatangan kapal pesiar di pelabuhan kargo dan kapal pesiar di Bali Utara itu, pihaknya menggandeng instansi lintas sektor untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan wisatawan mancanegara.

Instansi itu di antaranya Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), pemerintah daerah, TNI/Polri hingga petugas Imigrasi dan Badan Karantina serta pelaku pariwisata.

Ia menambahkan sebagian dari tujuh kapal pesiar yang mampir di Pelabuhan Celukan Bawang itu, tidak sandar di dermaga namun berlabuh dengan lego jangkar.

Pasalnya, lanjut dia, panjang dermaga saat ini mencapai 160 meter sehingga belum dapat disandari kapal pesiar berbadan besar dan panjang di atas 200 meter.

Kapal pesiar jumbo yang lego jangkar di sekitar kawasan pelabuhan, kemudian dijemput menggunakan kapal wisata, selanjutnya para wisatawan mancanegara itu turun di dermaga.
 

Sejumlah penumpang kapal pesiar Celebrity MIllenium berbendera Malta itu berjalan di dermaga setelah tiba di Pelabuhan Celukan Bawang, Kabupaten Buleleng, Bali, Selasa (2/1/2024). ANTARA/HO-Pelindo Celukan Bawang
 

Sementara itu, membuka awal tahun 2024, dua kapal pesiar jumbo sudah singgah dengan lego jangkar di Pelabuhan Celukan Bawang yakni Norwegian Jewel dan Celebrity Millenium.

Norwegian Jewel merupakan kapal pesiar berbendera Bahama dengan panjang 294 meter yang membawa 2.350 penumpang dan 1.033 kru.

Kapal pesiar itu berlayar dari Laem Chabang, Provinsi Chonburi, Thailand dan berlayar ke sejumlah titik di Asia Tenggara termasuk Pelabuhan Celukan Bawang dan Benoa dan kembali bertolak menuju Singapura.

Sedangkan kapal pesiar Celebrity Millenium juga lego jangkar di sekitar pelabuhan karena panjang kapal pesiar berbendera Malta itu memiliki panjang 294 meter.

Kapal berbobot 91.011 gross tonage (GT) itu tiba pada Selasa (2/1) membawa sebanyak 1.794 penumpang dan 934 awak kapal.

Setelah mengijakkan kaki di daratan Buleleng, wisatawan mancanegara yang turun dari kapal pesiar kemudian menjelajahi sejumlah objek wisata yang ditawarkan agen perjalanan wisata di antaranya Bedugul, air panas Banjar hingga destinasi budaya lainnya.


Baca juga: Pelindo Benoa suguhkan atraksi budaya sambut kapal pesiar pertama 2024
Baca juga: Pelabuhan Teluk Bayur siap menerima sandar kapal pesiar kapan saja
Baca juga: Wamen BUMN sebut Benoa jadi hub kapal pesiar global


 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024