Denpasar (ANTARA) - BUMN PT Pelindo Regional III mencatat
Pelabuhan Benoa di Denpasar, Bali, melayani total 4.400 turis mancanegara yang tiba dan berangkat menumpangi kapal pesiar Celebrity Millenium dalam sehari pada Kamis.

"Ini merupakan bukti Pelabuhan Benoa siap melayani kapal pesiar berskala internasional," kata Manager Hukum dan Hubungan Masyarakat (Humas) Pelindo Regional III Karlinda Sari di Denpasar, Kamis.

Dia menjelaskan penumpang yang naik dan turun dalam sehari itu menandai Pelabuhan Benoa dengan program Bali Maritime Tourism Hub atau Pusat Pariwisata Maritim Bali (BMTH) sebagai pintu masuk wisata kapal pesiar.

Ia merinci penumpang turun dari Celebrity Millenium di Pelabuhan Benoa seluruhnya wisatawan asing mencapai 2.081 orang setelah berlayar pada 23 Desember 2023 dari Singapura.

Kapal mewah itu menjelajahi beberapa titik di Asia Tenggara termasuk lego jangkar di Pelabuhan Celukan Bawang, Kabupaten Buleleng, Bali Utara pada Selasa (2/1) kemudian Pelabuhan Lembar, NTB pada Rabu (3/1) dan terakhir bersandar pukul 05.00 Wita di Benoa, Denpasar, Kamis ini.

Selanjutnya, kapal pesiar berbendera Malta itu menaikkan atau embarkasi 2.300 orang.
wisatawan mancanegara yang berbeda dari penumpang yang sebelumnya turun atau debarkasi di Benoa.

Total ada sebanyak 5.200 orang penumpang termasuk awak kapal dalam proses naik turun (turn around) penumpang kapal pesiar itu.

"Proses itu berlangsung selama tiga jam, mulai dari pukul 10.00 Wita hingga 13.00 Wita," imbuhnya.

Beberapa persiapan dilakukan guna memperlancar proses di antaranya penanganan bagasi atau koper penumpang , penyediaan gangway atau tangga naik turun penumpang, alur pelaporan (check-in) tiket hingga proses imigrasi.

Selama proses tersebut, Pelabuhan Benoa dibantu oleh dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Benoa, Imigrasi, Bea Cukai serta instansi terkait lainnya hingga agen kapal.

"Ini juga menegaskan Bali tidak hanya sekedar julukan wisata kapal pesiar namun juga sebagai tempat pemberangkatan wisatawan asing untuk wisata kapal pesiar," katanya.

 
Petugas menangani barang bawaan penumpang kapal pesiar di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Kamis (4/1/2024) ANTARA/HO-Pelindo Benoa Denpasar



Berdasarkan data situs informasi kapal pesiar global, CruiseMapper harga untuk paket wisata kapal pesiar Benoa, Bali-Singapura dengan kapal dengan panjang 294 meter itu mencapai 1.499 dolar AS atau sekitar Rp23,2 juta (estimasi kurs 1 dolar AS sama dengan Rp15.500).

Ada pun rute pelayaran kapal pesiar berbobot 91.011 gross tonage (GT) itu berdasarkan situs CruiseMapper, dari Pelabuhan Benoa, Bali yakni rencananya singgah menuju Lembar, NTB, Celukan Bawang, Bali Utara, selanjutnya Kuala Lumpur dan Pulau Penang, Malaysia.

Kemudian, Pulau Langkawi Malaysia, Phuket Thailand dan rencananya tiba di Singapura pada 16 Januari 2024 atau total selama 12 hari pelayaran.

Pada saat yang bersamaan di dermaga selatan Pelabuhan Benoa juga sandar kapal pesiar Ocenia Regatta berbendera Kepulauan Marshall dengan panjang 181 meter yang membawa sekitar 800 orang penumpang.

Pelindo Regional III mencatat pada 2023, Pelabuhan Benoa telah melayani 48 kapal pesiar dengan total 77.864 penumpang, sedangkan untuk 2024, Pelabuhan Benoa menerima 52 kapal pesiar dijadwalkan sandar dengan membawa total sekitar 89.400 penumpang.

Baca juga: Pelindo Benoa suguhkan atraksi budaya sambut kapal pesiar pertama 2024

Baca juga: Wamen BUMN sebut Benoa jadi hub kapal pesiar global

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024