“Mas Ganjar bilang sudah siap, tapi kita tetap memberikan masukan. Jadi saya sendiri sudah, pada Sabtu (30/12/2023) saya sudah memberikan masukan kepada tim yang mengumpulkan, menghimpun semua isu, dan kemudian melaporkan kepada Mas Ganjar,”
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa mengatakan calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo sangat siap untuk mengikuti Debat Capres ketiga Pilpres 2024 yang akan berlangsung pada Minggu (7/1).

“Mas Ganjar bilang sudah siap, tapi kita tetap memberikan masukan. Jadi saya sendiri sudah, pada Sabtu (30/12/2023) saya sudah memberikan masukan kepada tim yang mengumpulkan, menghimpun semua isu, dan kemudian melaporkan kepada Mas Ganjar,” kata Andika yang diunggah melalui akun Instagram @tpnganjarmahfud, Rabu.

Mantan Panglima TNI itu mengatakan, semua elemen dalam jajaran TPN Ganjar-Mahfud telah memberi masukan kepada Ganjar. Ia juga percaya Ganjar sangat memahami materi debat.

Sebelumnya, Ganjar menyatakan, telah mempersiapkan strategi untuk menghadapi Debat Ketiga Pilpres. Ada tiga catatan penting yang akan dipersiapkannya.

Pertama, orientasi politik luar negeri Indonesia, yang menganut prinsip bebas aktif.

Kedua, gagasan mengenai sistem pertahanan negara untuk mengadaptasi kepentingan nasional di dalamnya, seperti konflik di Laut Natuna Utara dan wilayah perbatasan di sekitar wilayah Indonesia.

Ketiga, mengoptimalkan hubungan luar negeri dengan negara-negara anggota ASEAN, sehingga dapat mengadaptasi kepentingan-kepentingan nasional di sektor pangan, energi, dan pertahanan.

“Geopolitik dunia berubah, bergolak, multipolar, banyak negara melakukan reposisi terhadap dirinya," kata Ganjar pada acara Sarasehan Bersama Eksponen, Alumnus, dan Aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), pada Kamis (28/12).

Terkait dominasi antarnegara, Ganjar menjelaskan bahwa setiap negara ingin bersaing untuk menjadi jawara dalam mengatur dunia.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Pada 12 Desember 2023, debat pertama Pilpres 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta. Kemudian, debat kedua Pilpres 2024 digelar di JCC Senayan, Jakarta, pada 22 Desember 2023.

Selanjutnya, rangkaian debat capres-cawapres Pilpres 2024 dijadwalkan masih berlangsung tiga kali lagi, yakni pada tanggal 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Debat ketiga Pilpres 2024 pada 7 Januari 2024 akan bertemakan Pertahanan dan Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024