proses penerimaan tersebut bisa dilakukan secepatnya demi kelengkapan logistik menjelang Pemilu 2024.
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta sudah menerima sebanyak 14,9 juta surat suara DPR dan DPRD DKI untuk Pemilu 2024.

"Angka tersebut posisi per 2 Januari yang diterima kabupaten/ kota," kata Kepala Divisi Perencanaan dan Logistik KPU DKI Jakarta Nelvia Gustina di Jakarta, Rabu.

Nelvia merinci sebanyak 14,9 juta surat suara itu yakni 6,5 juta surat suara DPRD DKI Jakarta dan 8,4 juta surat suara DPR RI yang siap untuk didistribusikan.

Dari jumlah surat suara itu, surat suara DPR RI yang diterima sudah memenuhi kebutuhan. Sedangkan surat suara DPRD DKI masih dalam proses.

"Surat suara DPRD  DKI yang diterima kabupaten/ kota berjumlah 6,5 juta yakni 76.91 persen dari total surat suara yang dibutuhkan yakni 8,4 juta," jelasnya.

Dia berharap proses penerimaan tersebut bisa dilakukan secepatnya demi kelengkapan logistik menjelang Pemilu 2024.

KPU DKI Jakarta menargetkan pendistribusian surat suara DPRD DKI yang berjumlah 8,4 juta itu rampung pada 25 Desember lalu. Namun, kata Nelvia, target tersebut belum tercapai karena adanya pengunduran waktu pengiriman surat suara ke KPU Jakarta Barat.

Nelvia menegaskan tidak ada kendala dalam target pendistribusian, hanya perlu penyesuaian waktu dalam prosesnya sehingga membutuhkan lebih banyak waktu.

Dengan demikian, pihak KPU DKI akan mengupayakan pendistribusian surat suara DPRD DKI Jakarta rampung pada 5 Januari 2024.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta mengungkapkan pendistribusian surat suara untuk pemilihan calon anggota DPRD  DKI Jakarta hingga saat ini telah mencapai 80 persen.

"Surat suara DPRD DKI Jakarta sudah 80 persen diterima oleh KPU kabupaten/ kota," kata anggota KPU DKI Jakarta Nelvia Gustina sebelumnya.
Baca juga: Menjamin kesehatan KPPS Pemilu 2024
Baca juga: Distribusi surat suara DPRD DKI Jakarta capai 80 persen
Baca juga: KPU DKI minta pemprov percepat renovasi GOR Kemayoran

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024