Kabul (ANTARA) - Komite Palang Merah Internasional (International Committee of the Red Cross/ICRC) menyerahkan 16 ambulans kepada Perhimpunan Bulan Sabit Merah Afghanistan pada Selasa (2/1).

Sembari menyampaikan rasa terima kasihnya karena dapat menerima bantuan tersebut, Ketua Perhimpunan Bulan Sabit Merah Afghanistan Mawlawi Matiul Haq Khalis mengatakan bahwa kontribusi itu akan membantu meningkatkan kualitas layanan bagi para pasien di sejumlah pusat kesehatan.

Menurut pejabat setempat, rumah sakit dan klinik kesehatan di Afghanistan sedang menghadapi kelangkaan ambulans di saat masyarakat, terutama mereka yang berada di pedesaan, kerap mengeluh bahwa dibutuhkan waktu berjam-jam untuk membawa pasien ke rumah sakit akibat kurangnya ambulans dan kemacetan lalu lintas.

Perhimpunan Bulan Sabit Merah Afghanistan juga akan menerima tambahan 22 ambulans dalam waktu dekat, tambah pejabat itu.

Pemerintahan sementara Afghanistan yang dipimpin Taliban telah berjanji untuk meningkatkan kualitas layanan publik, termasuk sektor kesehatan di seluruh Afghanistan, di saat masyarakat tidak memiliki akses kesehatan yang memadai di sebagian besar wilayah negara yang dilanda perang tersebut.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024