Masyarakat Minang selalu logis dalam berdialog sehingga terbiasa untuk memberi dan menerima pendapat.
Jakarta (ANTARA) -
Calon Presiden (Capres) RI Anies Rasyid Baswedan mengapresiasi kebiasaan masyarakat Sumatera Barat atau suku Minang yang suka bermusyawarah untuk mencari solusi dalam setiap permasalahan.
 
Berdasarkan keterangan tertulis dari Kedeputian Media dan Komunikasi Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN) yang diterima di Jakarta, Rabu, pernyataan itu disampaikan Anies saat berdialog dengan masyarakat Kabupaten Tanah Datar dalam kegiatan bertema Desak Anies Edisi Sumbar di Lapangan Cindua Mato, Kabupaten Tanah Datar.
 
Gubernur DKI Jakarta periode 2017—2022 itu mengagumi masyarakat Sumbar karena masih menjalankan tradisi berdialog dan bertukar pikiran untuk bermusyawarah guna mencapai mufakat.
 
"Saya ingin sampaikan terima kasih kepada masyarakat Minang yang pada siang hari ini kumpul bersama di Tanah Datar untuk membahas persoalan-persoalan kebangsaan dan kenegaraan," kata Anies kepada wartawan usai acara tersebut.
 
Mantan Rektor Universitas Paramadina itu menilai masyarakat Minang selalu logis dalam berdialog sehingga terbiasa untuk memberi dan menerima pendapat.
 
"Masyarakat Minang selalu berpikir logis, terbiasa dengan tukar pikiran, musyawarah, dan suasana itulah yang terbangun," kata suami dari Fery Farhati itu.
 
Dalam kesempatan itu, Anies memaparkan sejumlah program prioritas untuk Provinsi Sumatera Barat, yaitu reaktivasi jalur kereta api, perbaikan jalan nasional, dan membangun atau merevitalisasi Stadion H. Agus Salim yang berstandar FIFA untuk kemajuan sepak bola di daerah itu.

Baca juga: Anies Baswedan tegaskan Indonesia harus miliki kewibawaan global
Baca juga: Timnas: Fenomena "Anies Bubble" bukti dukungan Gen Z untuk AMIN

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024