Washington (ANTARA) - Total utang publik pemerintah federal Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya melampaui 34 triliun dolar AS (sekitar Rp527,9 kuadriliun), menurut laporan Departemen Keuangan AS pada Selasa (2/1).

Total utang publik AS naik menjadi 34 triliun dolar dari 33,9 triliun dolar pada Kamis (28/12), menurut laporan harian Depkeu AS pada Jumat (29/12).

Utang nasional AS mencapai angka sebesar itu setelah tiga bulan sebelumnya mencapai 33 triliun dolar dan ini merupakan pencapaian yang benar-benar menyedihkan, kata Maya MacGuineas, presiden Committee for a Responsible Federal Budget dalam sebuah pernyataan.

"Tidak ada satu pun alasan ekonomi untuk menambah utang pada tingkat saat ini, tetapi sayangnya para pemimpin politik kita tidak bersedia melakukan perubahan yang diperlukan untuk membalikkan situasi fiskal," kata MacGuineas.

Angka utang terbaru itu dirilis ketika Kongres AS bersiap menghadapi persidangan lain terkait perselisihan pendanaan federal. Pendanaan untuk sejumlah lembaga dan program federal saat ini akan berakhir pada akhir bulan ini.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024