Sejak tahun 2004, Zenius telah memainkan peran penting dalam mewujudkan mimpi jutaan siswa, membantu mereka masuk ke perguruan tinggi negeri impian.....
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan rintisan teknologi edukasi Zenius mengumumkan untuk menutup sementara operasional setelah 20 tahun beroperasi.

Dalam keterangan resmi pihak manajemen, Zenius menyampaikan bahwa alasan platform edukasi daring tersebut menutup operasionalnya secara sementara dikarenakan ada tantangan operasional.

“Sejak tahun 2004, Zenius telah memainkan peran penting dalam mewujudkan mimpi jutaan siswa, membantu mereka masuk ke perguruan tinggi negeri impian. Zenius telah menjadi platform edukasi online terdepan di Indonesia, yang menawarkan materi pelajaran SD, SMP, SMA, persiapan UTBK, ujian mandiri, hingga upskilling/reskilling profesional,” kata Manajemen Zenius dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Startup teknologi binaan Kemenperin jadi solusi kurangi polusi udara

Untuk itu, Zenius menyampaikan permintaan maaf kepada para pengguna layanan atas kabar tersebut. 

“Kami sangat menyesal atas ketidaknyamanan yang akan ditimbulkan bagi para pengguna kami. Kami mengambil langkah strategis untuk menghentikan operasi secara sementara, tetapi kami menjamin bahwa kami tidak akan berhenti berusaha untuk menjalankan dan mewujudkan visi untuk merangkai Indonesia yang cerdas, cerah, asik,” ujarnya.

Di bawah PT Zona Edukasi Nusantara, Zenius menjadi salah satu perusahaan edukasi berbasis teknologi yang cukup besar di Indonesia. Zenius menyediakan akses edukasi melalui format video secara daring melalui situs web dan aplikasi ponsel.

Baca juga: Startup dari Hyundai akan pamerkan perangkat lunak mobilitas AI di CES

Pada awal 2022, Zenius mengakuisisi Primagama. Per Desember 2020, platform tersebut telah memiliki lebih dari 16 juta pengguna.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para pengguna, yang telah menjadi pilar penting dalam perjalanan kami sejak 2004. Dukungan dan kepercayaan mereka adalah hal yang tak ternilai bagi kami. Terima kasih telah menjadi bagian dari Zenius di 20 tahun terakhir,” kata Manajemen Zenius.

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024