Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia U-20 Indra Sjafri menegaskan pemusatan latihan (TC) timnas bukan ditujukan untuk pendidikan dan pelatihan (diklat) pemain.

Indra yang juga menjabat sebagai direktur teknik mengatakan bahwa PSSI bukan tempat membuat pemain, namun tanggung jawab tersebut dilakukan oleh klub.

"Sekali lagi saya tegaskan, PSSI bukan diklatnya pemain. PSSI bukan tempat membuat pemain. Oleh sebab itu PSSI memperbaiki klub, dengan klub 'licensing-nya'. Bahwa pembinaan pemain adalah klub, tugas mereka di situ, dan itu yang dilakukan oleh semua negara di dunia. Bukan PSSI yang mengambil peran sebagai (tempat) diklatnya pemain," kata Indra Sjafri seusai memimpin latihan timnas Indonesia U-19 di Lapangan A, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis.

Menurut Indra hal tersebut sejalan dengan apa yang diinginkan oleh PSSI bahwa kualitas klub harus semakin baik dengan berpatokan pada lisensi. Indra mengatakan PSSI akan memperbaiki kualitas kompetisi dari hari ke hari sehingga memudahkan pelatih timnas untuk mendapatkan pemain terbaik.

"Kualitas kompetisi baik itu usia muda, baik itu Liga 3, Liga 2, Liga 1, dari hari ke hari PSSI akan memperbaiki itu. Kalau itu semakin baik, maka pelatih tim nasional semakin bagus, semakin enak untuk mencari pemain-pemain terbaik. Jadi jangan ditanyakan lagi nanti TC ini akan berjalan berapa bulan. Tetapi khusus nanti, setiap FIFA Matchday, kemarin kami diskusi dengan Pak Ketua Umum, seluruh tim nasional akan melakukan TC, mulai U-17, U-20, dan FIFA Matchday senior atau ada kegiatan U-23," kata Indra.

Baca juga: Timnas Indonesia U-19 jalani pemusatan latihan persiapan AFF U-19

Sebanyak 34 pemain masuk dalam skuad Garuda Nusantara mulai menjalani TC sejak 30 Desember 2023 hingga berakhir pada 28 Januari.

"Setelah mendapatkan banyak informasi tentang pemain, baru nanti kami (akan) putuskan dia terpilih atau tidak terpilih, yang nanti akan kami lanjutkan pembinaannya, sampai nanti di AFF U-19 dan setelah itu kualifikasi AFC U-20. Nantinya tim ini sesuai dengan arahan dari Ketua Umum, akan kami tata sampai menjadi generasi baru pesepak bola Indonesia ke depan," ungkap Indra Sjafri.

Nantinya, para pemain yang masuk skuad saat ini akan bersaing memperebutkan posisi masing-masing dalam sistem seleksi promosi dan degradasi.

"TC pertama kami mulai di Qatar dengan 26 pemain. Kami coret enam pemain dan kami panggil 14 pemain. Jumlah pemain sekarang 34. Hari ini kami akan coret lagi dan akan kita panggil lagi pemain baru. Berapa orangnya, habis ini, kami akan melihat hasil dari semua profil pemain yang ada," ucap Indra.

Baca juga: Indra ungkap timnas Indonesia U-19 akan lakoni sejumlah uji coba
Baca juga: Indra Sjafri pimpin langsung latihan perdana timnas U-20 di Qatar

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024