Kami sudah siap melayani penumpang arus balik hingga sampai tujuan."
Merak (ANTARA News) - Terminal Terpadu Merak (TTM), Banten, menyiagakan sebanyak 530 bus reguler untuk menghadapi arus balik Lebaran 2013, terutama calon penumpang dari Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung, ke Pelabuhan Merak.

"Kita sudah siagakan sebanyak 530 bus terdiri dari 520 bus antar-kota antar-provinsi (AKAP) dan 10 antar-kota dalam provinsi (AKDP) juga 120 bus cadangan," kata Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) TTM, Irwansyah, di Merak, Sabtu.

Ia mengatakan, diperkirakan jumlah penumpang arus balik dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung, menuju berbagai kota di Pulau Jawa meningkat dibandingkan arus mudik, karena biasanya pemudik saat kembali akan membawa anggota keluarga maupun pembantu rumah tangga.

Oleh karena itu, ia mengemukakan, pihaknya menyiagakan sebanyak 530 bus reguler dan 120 bus cadangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang arus balik dari Pulau Sumatra.

"Kami prediksikan puncak arus balik terjadi Minggu (11/8), karena sejumlah perusahaan, termasuk pegawai negeri sipil (PNS), kembali bekerja di hari Senin depan," katanya.

Menurut dia, arus balik dua hari setelah (H+2) Idul Fitri hingga kini masih relatif normal dan semua penumpang terangkut menuju 20 terminal wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Bogor.

Selain itu, ia menyatakan, pihaknya menyiapkan bus melayani jurusan jarak jauh, seperti daerah-daerah di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, namun jumlah kendaraannya relatif sedikit.

"Kami sudah siap melayani penumpang arus balik hingga sampai tujuan," katanya.

Ia menyebutkan, pihaknya terus menjalin koordinasi dengan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak.

Koordinasi itu, kata dia, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang menggunakan angkutan darat.

"Kami optimistis seluruh penumpang arus balik terangkut melalui Terminal Merak," katanya.

Seorang sopir Terminal Terpadu Merak, Maman, mengatakan bahwa siap melayani pemudik arus balik dengan kondisi angkutan laik jalan.

"Kami bisa mengangkut sebanyak 90 orang dilengkapi alat pendingin," kata pengemudi bus jurusan Merak-Bandung itu.

Pewarta: Mansyur
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013