Jakarta (ANTARA) - Pemain tim nasional Indonesia U-19 Iqbal Gwijangge menjadikan bek Chelsea Thiago Silva dan gelandang bertahan Inter Miami Sergio Busquets sebagai panutan dalam permainan di lapangan.

Iqbal yang mempunyai posisi hampir serupa dengan Thiago Silva dan Sergio Busquets tersebut memang kerap memainkan gaya permainan umpan-umpan pendek serta mempunyai kemampuan pembacaan bola yang mumpuni.

"Role model untuk bek Thiago Silva, kalau gelandang Sergio Busquets," kata Iqbal seusai menjalani latihan timnas Indonesia U-19 di Lapangan A, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis.

Iqbal yang menjadi kapten timnas Indonesia U-17 pada Piala Dunia U-17 2023 mengatakan mendapatkan banyak pengalaman dari ajang bergengsi dunia khusus kelompok usia di bawah 17 tahun tersebut.

"Efeknya banyak ya, saya juga melawan tim-tim dunia. Kami banyak belajar selama pertandingan di grup dan saya rasa semua pemain ambil banyak pelajaran dan saya harap kami semua bisa bawa ilmu itu sampai seumur hidup," ungkap pemain yang saat ini memperkuat Barito Putera tersebut.

Baca juga: Iqbal harap TC Qatar bantu timnas U-20 penuhi misi tembus Piala Dunia

Selama menjalani pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia U-19, Iqbal kini kerap dipasang mengisi posisi gelandang bertahan. Mengenai hal tersebut, pemain berusia 17 tahun tersebut tak masalah dengan perubahan posisi tersebut.

"Tidak ada masalah dengan (posisi) itu, saya akan mengikuti sesuai kebutuhan pelatih. Mau jadi bek tengah atau pun gelandang, saya siap selalu. Saya juga jadi bisa belajar untuk main dua posisi karena saat ini sepak bola modern kita harus bisa dua atau banyak posisi sehingga bisa membantu pelatih jikalau dalam permainan ada strategi yang kurang," kata Iqbal.
​​​​​
Sebanyak 34 pemain masuk dalam skuad Garuda Nusantara mulai menjalani TC sejak 30 Desember 2023 hingga berakhir pada 28 Januari.

Nantinya, para pemain yang masuk skuad saat ini akan bersaing memperebutkan posisi masing-masing dalam sistem seleksi promosi dan degradasi.

Baca juga: Iqbal tak masalah dengan perubahan posisi di timnas U-19
Baca juga: Indra ungkap timnas Indonesia U-19 akan lakoni sejumlah uji coba

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024