Waspada potensi hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di pegunungan, lereng barat, hingga pantai barat Sumatera Utara yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologis, seperti banjir dan longsor
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) yang dapat menyebabkan banjir dan longsor.

Prakirawan BBMKG Wilayah 1 Medan Utami Al Khairiyah, Kamis, mengatakan dalam dua hari ke depan sebagian wilayah di Sumut berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di pegunungan, lereng barat, hingga pantai barat Sumatera Utara yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologis, seperti banjir dan longsor," katanya.

Secara umum cuaca di Sumut, kata dia, dalam dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata cerah berawan.

Baca juga: BMKG: Waspada potensi hujan lebat di pegunungan Sumatera Utara 

Namun pada siang dan sore hari diprakirakan berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumut. 

Pihaknya memprakirakan hujan lebat pada siang dan sore hari terjadi di Gunung Sitoli, Nias Selatan, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Utara, Padang Lawas, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, serta Mandailing Natal dan sekitarnya.

Sementara pada malam hari, lanjutnya, berpotensi hujan ringan hingga lebat di seluruh wilayah Sumatera Utara. Hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi di Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, serta Mandailing Natal dan sekitarnya.

Pada dini hari, kata dia, berawan di seluruh wilayah Sumut,  Sementara suhu udara 16–32.0 derajat Celsius dengan kelembapan udara 60–95 persen dan angin berhembus dari timur laut-tenggara dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: BMKG prakirakan sebagian Sumut hujan Senin sore dan malam hari

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024