Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat di kawasan pegunungan Sumatera Utara (Sumut) yang dapat menyebabkan banjir.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas lebat di sebagian wilayah pegunungan dan Lereng Barat Sumatera Utara yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologis seperti banjir dan longsor," kata Prakirawan BMKG Wilayah 1 Medan, Defri Mandoza, Selasa.

Secara umum, kata dia, cuaca di Sumatera Utara pada Selasa siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Hujan lebat, lanjutnya, berpotensi terjadi di wilayah Langkat, Tapanuli Utara, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Kepulauan Nias, Padang Lawas Utara, Padang lawas dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG prakirakan sebagian Sumut hujan Senin sore dan malam hari

Kemudian malam hari, kata dia, berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar provinsi tersebut. Potensi hujan lebat dapat terjadi di wilayah Karo, Dairi, Humbang Hasundutan, Pakpak Barat, Tapanuli Tengah, dan sekitarnya.

Dini hari berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Kepulauan Nias, Mandailing Natal, Padang lawas dan sekitarnya.

Sementara suhu udara 18–33,0 derajat Celsius dengan kelembapan udara 60–95 persen dan angin berhembus dari Barat Daya- Barat Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: BMKG imbau masyarakat pesisir waspada gelombang tinggi hingga 4 meter

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023