Tokoh-tokoh ini banyak memberikan kontribusi terhadap kemajuan daerah
Jambi (ANTARA) - Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi menganugerahkan gelar kehormatan kepada 13 orang tokoh daerah hingga nasional.

Ketua LAM Jambi Hasan Basri Agus di Jambi Kamis mengatakan, Gelar Adat dan Karang Setio yang diberikan kepada para tokoh ini sebagai bukti kepedulian dan perhatian LAM kepada putra terbaik Jambi yang telah berkiprah di kancah nasional maupun yang pernah mengabdi di Provinsi Jambi.

"Di mana tokoh-tokoh ini banyak memberikan kontribusi terhadap kemajuan daerah. Penganugerahan ini sesuai dengan Peraturan Lembaga Adat Melayu Nomor 2 Tahun 2014 tentang Anggaran Rumah Tangga Lembaga Adat Melayu Jambi," katanya.

Sebanyak 13 orang tokoh yang mendapatkan gelar adat dengan kategori utama itu meliputi Wakil Menteri Tenaga Kerja RI Afriansyah Noor dengan gelar Bandar Mudo Pengimbang Rajo, Anggota DPR RI Elviana dengan gelar Karang Setio, Anggota DPD RI Syukur dengan gelar Depati Satrio Budayo Negeri, Anggota DPR RI A Bakti dengan gelar Bandar Suko Negeri, dan Anggota DPR RI Sultan Adil Hendra dengan gelar Bandar Mulio Utomo.

Gelar adat pada kategori madya diberikan kepada Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dengan gelar Dubalang Sakti Utamo, Letjen TNI (Purn) Sudirman dengan gelar Hulubalang Setio Alam, Mayjen TNI M Zamroni dengan gelar Hulubalang Pati Negeri.

Kepada Letjen TNI Hilman Hadi diberikan gelar Hulubalang Jayo Dilago, Irjen Pol Armed Wijaya mendapatkan gelar Dubalang Setio Rajo, Laksamana Muda TNI Nazali Limpo dengan gelar Depati Panglimo Cendikio Negoro, Mayjen TNI Muhammad Zulkifli dengan gelar Hulubalang Batuah Negeri, dan Mayjen TNI Supriono dengan gelar Hulubalang Suko Negeri.

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan bahwa gelar adat ini diberikan sebagai penghargaan kepada tokoh-tokoh tersebut. Tentunya gelar yang dianugerahkan ini diberikan atas kajian LAM Jambi terlebih dahulu.

"Di samping itu, ini jadi upaya media pendidikan bagi generasi selanjutnya," katanya.

Haris berharap ke depan akan muncul kembali tokoh Jambi yang menjadi teladan bagi masyarakat.

Pemberian gelar ini, katanya, juga menjadi rangkaian kegiatan HUT ke-67 tahun Provinsi Jambi.

Pewarta: Tuyani
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024