Ismalia, Mesir (ANTARA News) - Empat gerilyawan di Sinai Mesir Utara tewas oleh serangan udara yang mereka katakan Sabtu dilakukan oleh pesawat tak berawak Israel, tetapi media pemerintah mengatakan itu perbuatan helikopter tentara Mesir.

Kedua negara telah sering bekerja sama dalam menanggulangi ancaman gerilyawan di Sinai dan tidak tampak tertarik untuk menciptakan keributan atas kasus ini.

Seorang juru bicara militer Israel di Yerusalem menolak berkomentar dan angkatan bersenjata Mesir resmi menolak Israel telah melancarkan serangan.

Lima sumber keamanan sebelumnya mengatakan kepada Reuters bahwa Israel telah melakukan serangan rudal yang menewaskan para militan pada saat mereka siap untuk meluncurkan roket ke Israel.

Kelompok Ansar Bayt al-Maqdis mengatakan di website: "pahlawan kami menjadi martir selama tugas jihad mereka melawan orang-orang Yahudi dalam serangan roket di tanah yang diduduki."

Kelompok itu mengatakan serangan oleh pesawat Israel, tetapi tidak
mengatakan bagaimana tahu prosesnya untuk menjadi kasus. Ini mengkritik Militer Mesir untuk apa yang disebutnya kerja sama yang berulang-ulang dengan Israel.

Kantor berita pemerintah mengutip satu sumber keamanan mengatakan, sebuah helikopter militer Mesir membunuh militan.

Militer Mesir mengatakan dua ledakan terjadi di sebuah situs tiga km (2 mil) barat perbatasan Israel dan kota selatan kota Rafah pada Jumat sore.

Satu sumber mengatakan pesawat Israel telah mengamati para militan mempersiapkan tiga bantalan peluncuran roket untuk menghantam Israel.

Peluncuran rudal tersebut menewaskan dua orang, kemudian membunuh pasangan lain yang melangkah sampai dengan bantalan setelah serangan pertama.

Namun, seorang juru bicara militer Mesir membantah dalam berikutnya pernyataan apa pun peran Israel dalam insiden itu.

Gerilyawan yang terutama bermarkas terutama di Sinai Utara telah meningkatkan serangan terhadap pasukan keamanan Mesir dan target lainnya sejak 3 July 3, saat tentara menggulingkan Presiden Islam Mohammed Moursi.

Sinai sebagian besar demiliterisasi sebagai bagian dari Perjanjian damai Israel-Mesir sejak tahun 1979 tetapi Israel telah menyetujui bala bantuan pasukan untuk memerangi gerilyawan dan penyelundupan senjata oleh Palestina ke Gaza.

Gurun semenanjung telah lama membuat sakit kepala keamanan Mesir dan negara-negara tetangganya. Besar dan sebagian besar tidak berpenghuni, negara ini berbatasan dengan Palestina Jalur Gaza yang dikuasai dan Terusan Suez yang menghubungkan Asia ke Eropa.

Ini adalah rumah bagi klan nomaden dan mereka puas dengan aturan-aturan dari Kairo.

Tentara Mesir mengatakan pada Rabu bahwa betrokan telah membunuh 60 gerilyawan di Semenanjung Sinai pada bulan sejak Presiden Mohamed Moursi diselenggarakan pada 3 Juli.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013