Jakarta (ANTARA) - Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) tidak mempermasalahkan keterlibatan dua orang terafiliasi dengan Universitas Pertahanan (Unhan) di antara 11 panelis debat ketiga Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang akan diikuti para calon presiden di Istora Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Minggu (7/1) mendatang.

"Tentang asal instansi biar masyarakat yang menilai. Kami dari Timnas AMIN sepenuhnya tidak mempermasalahkan ke 11 panelis," kata Juru Bicara (Jubir) Timnas AMIN Billy David Nerotumilena di Jakarta, Kamis.

Billy mengatakan hal itu setelah ditanya terkait dua panelis debat ketiga berasal dari Unhan yang masih berada di bawah koordinasi Kementerian Pertahanan (Kemhan) pimpinan Prabowo Subianto.

Timnas AMIN menghargai Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang telah menetapkan 11 panelis untuk debat ketiga, dan itu tentu mempertimbangkan banyak hal dan melalui beragam proses sehingga mereka terpilih.

"KPU tentu mempertimbangkan banyak proses, baik proses seleksi, karantina, dan kalau dari kami tidak mempermasalahkan (adanya dua panelis dari Unhan)," tuturnya.

Billy menambahkan bahwa Timnas AMIN percaya para panelis akan menjaga kredibilitas, sehingga mereka tidak mungkin akan berbuat tidak etis.

Apalagi kata Billy, teknis di dalam debat tidak melibatkan interaksi secara langsung antara paslon dan panelis, sehingga mengurangi kecurigaan atau tendensi tertentu terhadap salah satu paslon.

"Kami percaya mereka membawa nama baik dan kredibilitas personal masing-masing. Tapi kalau ada maksud tertentu kredibilitas mereka sendiri yang dirugikan," katanya.

Baca juga: Panelis debat ketiga dari Unhan, Muhaimin: Mengganggu objektivitas
Baca juga: Jelang debat ke-3, Panelis: capres gali isu pertahanan-diplomasi


Sebelumnya, Rabu (3/1), KPU mengumumkan 11 nama panelis debat capres ketiga Pemilu 2024 yang mengusung tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Dua di antara 11 panelis debat tersebut adalah pakar keamanan dari Unhan Kusnanto Anggoro dan Ketua Dewan Guru Besar Unhan Laksamana TNI (Purn) Marsetio.

Debat ketiga capres Pemilu 2024 akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, pada tanggal 7 Januari 2024, dengan topik pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: TKN: Prabowo punya pengalaman dunia yang tidak dimiliki capres lain
Baca juga: Mahfud tanggapi soal usulan mundur dari menteri karena ikut Pilpres

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024