Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md mengaku tidak mempermasalahkan keberadaan dua orang yang terafiliasi dengan Universitas Pertahanan (Unhan) di antara 11 panelis debat ketiga Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang akan diikuti para calon presiden di Istora Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Minggu (7/1) mendatang.

Keterlibatan dua panelis asal Unhan itu mengundang komentar mengingat universitas tersebut berada di bawah koordinasi Kementerian Pertahanan (Kemhan) yang saat ini dipimpin oleh Prabowo Subianto, calon presiden nomor urut 2.

"Enggak apa-apa, dari mana sajalah," kata Mahfud saat memberikan keterangan pers usai mengunjungi Wisma Keuskupan Katedral, Jakarta, Kamis.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Rabu (3/1) mengumumkan 11 panelis debat ketiga, termasuk pakar keamanan Unhan Kusnanto Anggoro serta KSAL 2012—2014 sekaligus Ketua Dewan Guru Besar Unhan Laksamana TNI Purn. Marsetio.

Keduanya dilibatkan dalam debat ketiga yang meliputi tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Baca juga: Panelis debat ketiga dari Unhan, Muhaimin: Mengganggu objektivitas
Baca juga: TKN: Prabowo punya pengalaman dunia yang tidak dimiliki capres lain


Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar juga sempat mengomentari keberadaan dia panelis terafiliasi Unhan tersebut dan menilai hal itu dapat mengganggu objektivitas.

"Karena itu mengganggu objektivitas. Karena apa pun, Unhan di bawah Pak Prabowo, Menhan," kata Muhaimin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Berdasarkan hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Jelang debat ke-3, Panelis: capres gali isu pertahanan-diplomasi
Baca juga: Keberatan soal TV penyelenggara debat, KPU sebut sudah sesuai SK

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024