Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Vietnam menyadari bahwa pasar makanan dan jasa layanan halal sangat penting lantaran saat ini pasar tersebut merupakan pasar yang sangat besar.

"Ini bisa bernilai miliaran dolar. Jadi, ini sangat penting bagi perekonomian mana pun," kata Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Ta Van Thong saat pertemuan pers tahunan di Kedutaan Besar Vietnam di Jakarta pada Kamis.

Oleh karena itu, kata Van Thong, saat ini Pemerintah Vietnam juga sedang mengembangkan strategi untuk mengembangkan industri ekspor halal baik dalam bentuk produk makanan, jasa dan produk lainnya.

Van Thong  menjelaskan bahwa Pemerintah Vietnam juga berupaya melakukan kerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk menerbitkan sertifikat halal bagi industri Vietnam.

"Karena sejauh ini yang saya pahami sertifikat tersebut disediakan oleh Pemerintah di Indonesia dan ini sangat berharga bagi Vietnam dan industri. Jadi kami berharap dalam waktu dekat sertifikat tersebut dapat diberikan langsung di Vietnam kepada perusahaan-perusahaan Vietnam", katanya.

Van Thong menambahkan bahwa Indonesia memiliki jumlah populasi yang banyak dan letaknya sangat dekat dengan Vietnam serta sesama negara anggota ASEAN.

"Kami memiliki banyak kesamaan, terutama latar belakang sejarah dan budaya, sehingga banyak warga Vietnam yang dapat berkunjung ke Indonesia berkat adanya penerbangan langsung antar kedua negara," kata Dubes.

Van Thong berharap masyarakat Indonesia juga dapat memanfaatkan konektivitas itu untuk berkunjung ke Vietnam.

"Banyak spot unik dan tempat indah yang dapat ditawarkan kepada masyarakat Indonesia. Saat ini permintaan masyarakat untuk melakukan perjalanan meningkat secara signifikan, terutama setelah pandemi".

Sebelumnya pada Agustus kedua negara telah meluncurkan penerbangan langsung dari Kota Ho Chi Minh ke Jakarta yang dapat ditempuh dalam waktu tiga jam.

Baca juga: Batavia, tempat melepas rindu dengan cita rasa nusantara di Hanoi
Baca juga: Mencicipi hidangan khas Vietnam di restoran halal Saigon
Baca juga: Kontingen Indonesia kesulitan cari makanan halal di Vietnam

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024