Dengan demikian pengunjung dari Jakarta menuju puncak bisa transit di Ciawi dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan bus BTS ke jalur wisata puncak
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mendukung rencana perluasan layanan bus Buy The Service (BTS) hingga ke Kawasan Wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Rudy di Cibinong, Bogor, Kamis, mengungkapkan sejumlah hal yang harus dirumuskan Pemerintah Kabupaten Bogor dan Badan Penyelenggara Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dengan baik agar nantinya layanan bus BTS bisa berjalan efektif.

Pertama, kata dia, harus ada percepatan pembangunan infrastruktur penghubung. Saat ini, transportasi publik yang digunakan masyarakat dari arah Jakarta menuju Bogor antara lain kereta api ringan atau Light Rail Transit.

Rudy berharap, LRT rute Cawang bisa beroperasi sampai dengan Ciawi dan Kota Bogor.

"Dengan demikian pengunjung dari Jakarta menuju puncak bisa transit di Ciawi dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan bus BTS ke jalur wisata puncak," kata Rudy.

Kedua, menurut dia, harus ada ketepatan waktu perjalanan alias on time. Karena itu, kerja sama dengan penyedia transportasi juga harus diperhatikan.

Rudy mengungkapkan, ketersediaan angkutan tepat waktu akan memberikan kepastian bagi pengunjung berapa lama mereka bisa mencapai lokasi tujuan.

"Sehingga pengunjung tidak perlu nunggu-nunggu karena semua sudah terintegrasi," tuturnya.

Selanjutnya, kata Rudy, harus ada kepastian biaya atau tarif yang harus dibayar pengunjung. Karena itu, sistem pembayaran juga harus terintegrasi agar masyarakat tidak dikagetkan dengan pengeluaran biaya perjalanan yang tidak pasti.

"Dan yang tak kalah penting tarifnya masuk akal, terjangkau oleh masyarakat semua kalangan," tuturnya.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu merumuskan penyediaan layanan bus Buy The Service (BTS) yang akan beroperasi di kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Kami akan bahas bersama dengan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) untuk penambahan satu koridor lagi yang mengarah ke Puncak," kata dia usai menandatangani nota kesepahaman bersama BPTJ mengenai layanan BTS di Cibinong, Bogor, Rabu.

Dalam waktu dekat BPTJ bersama pemerintah Kabupaten Bogor akan mengoperasionalkan layanan BTS dengan koridor Cibinong-Ciparigi yang mengintegrasikan angkutan massal Kabupaten Bogor dengan Kota Bogor.

Asmawa menjelaskan, BPTJ kemudian menyarankan Pemerintah Kabupaten Bogor mengenai penambahan 1-2 koridor lainnya ketika layanan BTS dengan rute Cibinong-Ciparigi telah berjalan.

"Oleh karena itu untuk Pemerintah Kabupaten, akan memberikan support dukungan, tidak hanya dari sisi pelaksanaan, tapi juga penganggaran. Mungkin di perubahan APBD 2024," katanya.

Baca juga: Kemenhub: Bus BTS segera layani masyarakat di Kabupaten Bogor

Baca juga: BPTJ targetkan bus BTS rute Cibinong-Ciparigi beroperasi Februari
 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024