pertengahan Januari akan turun hujan lebih banyak lagi
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi suhu panas di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) akibat pergeseran musim hujan.

"Waspada suhu yang terasa lebih panas, sekarang rata-rata suhu tertinggi 35 sampai 36 derajat Celsius," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Sti Nenotek, di Kupang, Jumat.

Berdasarkan prakiraan BMKG, Kota Kupang memasuki awal musim hujan pada Dasarian I Desember atau awal Desember. Namun, hingga Dasarian I Januari, Kota Kupang belum bisa dikatakan masuk musim hujan karena curah hujan yang berkurang.

Penyebab berkurangnya curah hujan itu, menurut Sti karena wilayah NTT dipengaruhi fenomena El Nino. Penurunan intensitas curah hujan dibandingkan normalnya diprediksi bertahan hingga bulan April 2024.

Lebih lanjut ia menjelaskan kurangnya pertumbuhan awan hujan di wilayah NTT tentunya menyebabkan penyinaran matahari pada siang hari ke permukaan bumi tidak mengalami hambatan signifikan oleh awan di atmosfer, sehingga suhu pada siang hari di luar ruangan terasa sangat terik.

Lalu hal itu juga disebabkan oleh posisi matahari yang berada di belahan bumi selatan yang menyebabkan meningkatnya penguapan dan terjadi kenaikan kelembapan udara sehingga udara terasa lebih gerah.

Baca juga: BPOLBF ingatkan wisatawan waspadai cuaca saat berwisata di Labuan Bajo
Baca juga: Dua pesawat batal mendarat di Kupang akibat cuaca buruk


Atas kondisi ini, Sti mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan tubuh saat beraktivitas.

"Masyarakat hendaknya menjaga stamina dan hidrasi tubuh saat beraktivitas dengan banyak minum air putih," katanya berpesan.

BMKG pun mengimbau pemerintah daerah, sektor terkait, dan masyarakat dapat terus memantau dan menjadikan informasi peringatan dini sebagai acuan untuk melakukan aksi dini kesiapsiagaan dari bencana.

Ia memastikan BMKG terus memberikan informasi untuk dapat diteruskan kepada masyarakat sehingga bisa mengantisipasi berbagai dampak buruk yang terjadi.

"Diprakirakan Dasarian II Januari atau pertengahan Januari akan turun hujan lebih banyak lagi dari sekarang," kata Sti.

Baca juga: Sejumlah provinsi diprakirakan alami hujan lebat pada Jumat
Baca juga: Hujan lebat disertai petir diprakirakan landa sejumlah kota besar
Baca juga: BMKG minta warga di pantai barat selatan Aceh waspadai cuaca ekstrem

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024