Jakarta (ANTARA) - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud meluncurkan empat aplikasi untuk memperkenalkan visi dan misi serta program unggulan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. secara masif kepada publik.

"Kemajuan teknologi menjadi cara tercepat menyampaikan pesan politik. Ini dapat berdampak luas untuk cara pemilih, politisi, dan wartawan menilai sosok dan program pasangan Ganjar-Mahfud," kata Deputi Operasi 247 TPN Denon Prawiraatmaja dalam Media Launching Grade Id di Jakarta, Jumat.

Keempat aplikasi ekosistem digital yang ramah pengguna itu terdiri atas Ganjar Twin (AI), Super App GPMMD3, Oke Mas Ganjar (OMG), dan Ganjar Mahfud App. Dengan tujuan meningkatkan aksesibilitas sekaligus mencegah terjadinya disinformasi di kalangan pemilih yang tersebar di seluruh Indonesia dan negara lain.

Ekosistem digital tersebut dianggap bisa melindungi calon pemilih dari berbagai berita palsu dan dapat melampaui media sosial yang nyaris tidak memiliki aturan, sering menjebak dengan narasi dangkal dan palsu.

Selain itu, keempat aplikasi juga dijadikan sebagai wadah bekal bagi para juru kampanye dan sukarelawan dalam menyebarluaskan program pro rakyat yang diusung Ganjar-Mahfud selama masa kampanye Pemilu 2024.

Keempat aplikasi memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ganjar Twin berisi konten Chat GPT, yang dibuat Relawan Ganjar Berkarya untuk mempermudah pengguna membedah visi dan misi 21 Program Sat Set Ganjar-Mahfud.

Aplikasi yang akrab disapa Ganjar AI tersebut dapat digunakan oleh seluruh tim pemenangan dan sukarelawan dalam membuat narasi yang baik terkait dengan program unggulan pasangan Ganjar-Mahfud.

Baca juga: TPN: Masyarakat makin antusias dukung Ganjar-Mahfud
Baca juga: Ganjar minta TPN bantu atasi hama tikus-kredit macet petani di Blora


Super App GPMMD3 adalah aplikasi serba ada yang diciptakan Relawan Mobilitas Total Ganjar Pranowo (MotoGP) untuk mendukung secara maksimal TPN Ganjar-Mahfud menawarkan beragam informasi dan update terkini aktivitas paslon dengan nomor urut 3 itu.

GPMMD3 memungkinkan siapa pun berpartisipasi mengawal suara atau melaporkan adanya kecurangan dalam Pemilu 2024, yang selanjutnya ditindaklanjuti Tim Hukum TPN Ganjar-Mahfud. Sejumlah fitur pendukung di dalamnya, yakni fitur pemindai KTP Otomatis hingga pengawalan kotak suara melalui Kawal Kotak Suara via LaporGan.

Dijelaskan pula bahwa aplikasi OMG digunakan sebagai wahana bagi kalangan anak muda pemilih paslon nomor urut 3 yang sudah tersedia di playstore android atau app store apple yang dilengkapi fitur curhat, podcast, dan event soal Ganjar-Mahfud.

Ganjar-Mahfud App berperan sebagai agregator dan menyediakan berbagai macam konten komunikasi tentang Ganjar-Mahfud dengan menghadirkan pengalaman tersendiri bagi calon pemilih dan menjadi bagian penting dalam pelaksanaan Pilpres 2024.

Di samping itu, TPN juga meluncurkan aplikasi bernama Jangkar Ganjar yang dirancang untuk mendukung organisasi sukarelawan dan tim sukarelawan mendukung pemenangan Ganjar-Mahfud guna memantau kegiatan kampanye yang memungkinkan pengguna melacak dan memonitor kegiatan kampanye sukarelawan dan tim melalui data yang aktual dan analisis real time.

Peluncuran aplikasi-aplikasi itu, kata dia, menggunakan teknologi SKRP, yang sudah digunakan untuk mengatur organisasi dan aktivitas di lebih dari 14 organisasi sukarelawan di seluruh Indonesia. Misalnya, untuk pengolahan big data, hub informasi, dan task management yang memiliki berbagai fitur yang mudah digunakan sukarelawan.

"Jadi, dari TPN bisa kasih informasi yang lebih konkret dan resmi sehingga secara substansi rakyat paham betul program Ganjar-Mahfud," ucapnya.

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024