Manila (ANTARA News) - Iran mengalahkan Filipina 85-71 untuk merebut medali emas pada kejuaraan bola basket putra Asia FIBA ke-27 pada Minggu, dengan dukungan pemain NBA Hamed Haddadi.

Haddadi, pemain kelahiran Iran pertama yang bermain di Asosiasi Bola Basket Nasional Amerika Serikat (NBA) mencetak 29 angka dan 16 rebound pada pertandingan itu, lapor AFP.

Tim Filipina sudah melakukan perlawanan yang berani dan harus bermain dengan tidak diperkuat Marcus Douthit yang cedera.

Ini merupakan medali emas ketiga Iran pada kejuaraan Asia. Filipina merupakan juara lima kali, meskipun kemenangan terakhir mereka diraih pada 1985.

Iran, Filipina, dan posisi ketiga Korea Selatan, yang dikalahkan Filipina pada semifinal, ketiganya akan bertanding di kejuaraan dunia FIBA di Spanyol tahun depan.

Filipina sempat tertinggal sembilan angka sebelum mencoba bangkit untuk memperkecil ketinggalan 34-35 pada paruh pertama, dengan dipimpin oleh "point guard" Jayson William.

Tim tuan rumah bermain di depan sekitar 20.000 pendukungnya, dengan Presiden Benigno Aquino dan para pejabat pemerintah lainnya di sisi lapangan untuk menyemangati mereka.


Penerjemah: Irwan Suhirwandi

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013