Para peretail mengandalkan diskon dan metode pembayaran yang fleksibel untuk menarik minat para pembeli pada musim liburan tahun ini
New York City (ANTARA) - Konsumen di Amerika Serikat (AS) menghabiskan 222,1 miliar dolar AS untuk pembelian daring dalam dua bulan terakhir pada 2023 atau naik 4,9 persen secara tahunan (year on year/yoy), demikian data yang dirilis oleh Adobe Analytics pada Kamis (4/1).

Secara khusus, kata Adobe Analytics, belanja daring di AS sebagian didorong oleh diskon besar-besaran di seluruh kategori dan peningkatan penggunaan metode pembayaran "Beli Sekarang, Bayar Nanti" (Buy Now, Pay Later) yang fleksibel.

Diskon mencapai rekor tertinggi di seluruh kategori utama pada musim liburan ini, dengan diskon untuk barang elektronik sebesar 31 persen.

Penggunaan metode pembayaran "Beli Sekarang, Bayar Nanti" mencapai rekor tertinggi sepanjang masa dan menyumbangkan penjualan daring senilai 16,6 miliar dolar, naik 14 persen (yoy).

"Dalam lingkungan permintaan yang tidak menentu, para peretail mengandalkan diskon dan metode pembayaran yang fleksibel untuk menarik minat para pembeli pada musim liburan tahun ini," ujar Vivek Pandya, analis utama dari Adobe Digital Insights.

Selain itu, aktivitas belanja melalui ponsel melampaui aktivitas belanja melalui komputer untuk pertama kalinya, menghasilkan 51,1 persen dari total penjualan daring pada musim liburan itu.

Menurut Adobe Analytics. aktivitas belanja daring yang kuat didorong oleh permintaan baru alih-alih harga yang lebih tinggi seiring dengan turunnya harga perdagangan elektronik (e-commerce) sebesar 5,3 persen (yoy) pada Desember 2023.

AS mencatat penjualan daring senilai 211,7 miliar dolar dalam periode yang sama pada 2022 dengan pertumbuhan sebesar 3,5 persen (yoy), menurut pernyataan yang dirilis sebelumnya oleh Adobe Analytics.

Namun, e-commerce hanya menyumbangkan sekitar 20 persen dari total penjualan retail di AS, dan penjualan di gerai menunjukkan ekspansi yang jauh lebih lambat.

Penjualan retail daring di AS meningkat 6,3 persen (yoy) dalam dua bulan terakhir pada 2023, dibandingkan dengan pertumbuhan 2,2 persen pada penjualan di gerai pada periode yang sama, menurut laporan terbaru Mastercard SpendingPulse.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024