Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) mengatakan skuad final Merah Putih untuk Piala Asia 2023 akan diumumkan pada 10 Januari.

Hal ini membuat daftar 26 nama pemain yang telah diumumkan sebelumnya adalah daftar sementara yang dapat berubah sebelum kejuaraan empat tahunan itu digelar pada 12 Januari sampai 10 Februari.

Pengumuman skuad final ini akan disampaikan setelah Indonesia menyelesaikan laga uji coba terakhir melawan Iran pada 9 Januari di Qatar atau setelah selesainya pemusatan latihan (TC) di Turki pada Sabtu (6/1).

"Memang sudah dirilis 26 pemain (oleh AFC), tetapi 28 yang akan dibawa ke Doha (Qatar)," kata STY, dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat.

"Jadi kepastiannya akan ditentukan tanggal 10 Januari, setelah lawan Iran,” tambahnya.

STY menjelaskan, ia yang akan mengumumkan skuad final pada 10 Januari karena regulasi dari konfederasi sepak bola Asia (AFC) yang memperbolehkan sebuah tim mengganti daftar 26 pemain enam jam sebelum laga pertama asalkan pemain terkait masuk sudah masuk dalam entry by name.

Alhasil, peluang Adam Alis dan Arkhan Fikri yang sebelumnya dicoret untuk kembali terpilih masih terbuka lebar dan belum sepenuhnya tertutup.

“Karena secara regulasi, enam jam sebelum pertandingan dimulai, bisa diganti pemain-pemain juga," tambahnya.

Baca juga: Adam Alis dan Arkhan Fikri tidak masuk timnas untuk Piala Asia

Sebelumnya, setiap tim peserta Piala Asia 2023 hanya bisa mendaftarkan 23 pemain ke AFC. Namun, konfederasi sepak bola Asia itu memutuskan untuk mengubah aturan setelah menerima usulan dari para pelatih usai penyelenggaraan Piala Dunia 2022 Qatar. Dalam ajang sepak bola terakbar itu, setiap tim dapat mendaftarkan 26 pemainnya.

Pernyataan ini sesuai yang dijelaskan pasal 26 poin 6 di regulasi kompetisi AFC di mana pada poin itu disebutkan bahwa pemain pengganti bisa tampil asalkan sebelumnya sudah mendapatkan akreditasi atau pengesahan dari AFC.

Di Piala Asia 2023, Indonesia tergabung di Grup D bersama Vietnam, Irak, dan Jepang. Tim Garuda akan melakoni laga pertama melawan Irak pada 15 Januari, lalu melawan Vietnam pada 19 Januari, dan melawan Jepang pada 24 Januari.

Baca juga: Profil lawan-lawan Timnas Indonesia pada ajang Piala Asia 2023
Baca juga: Indonesia siap lakoni laga uji coba kedua lawan Libya


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024