Villa terhitung sebagai tim yang punya kemampuan luar biasa melakukan serangan balik dibandingkan dengan tim-tim lain yang berlaga di Liga Inggris.
London (ANTARA News) - Pelatih Aston Villa Paul Lambert dihadapkan dengan pekerjaan rumah ekstra besar setelah melewati tiga musim lalu.

Klub asuhannya itu finis di peringkat kelimabelas dalam klasemen Liga Inggris (Premier League) musim kompetisi 2012/2013.

Aston Villa setia memakai jasa Paul Lambert terhitung sejak 2009 sampai sekarang. Memasuki musim kompetisi 2013/2014, ia menempuh sejumlah langkah, yakni melakukan enam kesepakatan baru, membarui kontrak tujuh pemain senior, dan memberi julukan penyemangat kepada anak asuhannya sebagai "Bomb squad", sebagaimana dikutip dari situs Guardian.

Aston Villa  juga telah membarui kontrak Christian Benteke. Klub ini amat menggantungkan diri kepada striker asal Belgia ini. Ia digadang-gadang bakal tampil sebagai pemain top di planet sepak bola Inggris.

Benteke punya kekuatan fisik dan siap tampil optimal di banyak pertandingan, dan punya naluri membaca peluang mencetak gol ke gawang lawan. Tanpa Benteka, Villa sulit berbicara di kancah sepak bola Liga Inggris.

Lambert menaruh kepercayaan penuh kepada para pemainnya. Dan seluruh fans Villa merespons positif setelah menyaksikan langkah pelatih itu. Di berbagai laga awal kompetisi, ia kerapkali memperoleh kemenangan. Ia perlahan tapi pasti mengubah filosofi tim agar mampu tampil kompetitif di musim kompetisi 2013/2014.

Lambert punya resep memajukan penampilan Villa, yakni memberi kesempatan seluas-luasnya kepada para pemain muda.

Pendekatan ini kerapkali menjadi bulan-bulanan kritik dari para pengamat dan pecinta Villa. Musim ini datang sejumlah pemain anyar, yakni Jores Okore, Antonio Luna, Leandro Bacuna, Aleksandar Tonev, Nicklas Helenius dand Jed Steer.  Mereka masih berusia di bawah 23 tahun.

Okore, pemain berusia 20 tahun ini, membela timnas Denmark. Ia dikontrak sebesar 4 juta poundsterling dari  Nordsjaelland. Punya fisik kuat dan kecepatan mumpuni. Ia menempati posisi bek tengah. Ini ngepas dengan keperluan krusial Villa akan lini pertahanan yang kokoh.

Villa kemasukan 69 gol di musim lalu. Catatan ini sungguh memprihatinkan sejak 1987. Alhasil, mereka gagal meraih "clean sheet" dalam 22 pertandingan, bahkan beroleh hasil imbang ketika melawan Stoke City pada Desember 2012. Penampilan penjaga gawang Brad Gusman terus menurun. Ia diberi perpanjangan kontrak selama selama  empat tahun sejak musim panas lalu.

Villa punya pemain bertahan yang tangguh, yakni Guzan dan  Matthew Lowton (bek kanan), dan Joe Bennett (bek kiri) yang baru saja dikontrak dari  Middlesbrough.

Ada juga nama Ron Vlaar, Ciaran Clark, Nathan Baker. Helenius, striker asal Denmark ini menjanjikan penampilan positif di musim depan, dengan didukung pemain sayap yang berusia 17 tahun, Jack Grealish.

Strategi dan Taktik:
* Lambert amat gandrung dengan sepak bola menyerang, meski Villa bukan tim yang tampil dengan penguasaan bola yang cemerlang.
* Villa terhitung sebagai tim yang punya kemampuan luar biasa melakukan serangan balik dibandingkan dengan tim-tim lain yang berlaga di Liga Inggris.
* Villa masih perlu meningkatkan imajinasi bermain utamanya di lini gelandang untuk membongkar konsentrasi lawan.
*Penampilan  Ashley Westwood begitu impresif di musim pertamanya bersama Villa. Hanya saja klub ini masih memerlukan tambahan gelandang serang dan pemain depan yang dapat membuat penampilan tim makin kreatif meneror lawan agar dapat mencetak gol.
* Lambert berharap penuh kepada Christian Benteke. Ini mungkin yang melatarbelakangi pelatih Villa itu punya julukan "Bomb squad".

Prediksi posisi Aston Villa musim 2013/2014:
Peringkat kesepuluh

Catatan prestasi:
* Putaran keempat Piala FA
* Semi-final Piala Capital One

Konfigurasi pemain:
* Pemain masuk: Leandro Bacuna (Groningen), Nicklas Helenius (Aalborg) jumlah fee 2 juta pound, Antonio Luna (Sevilla), Jores Okore (Nordsjaelland), Jed Steer (Norwich) kompensasi belum disepakati, Aleksandar Tonev (Lech Poznan).

* Pemain keluar: Calum Barrett, Joshua Barton , Graham Burke (Shrewsbury) dilego, Courtney Cameron (Torquay) bebas transfer, Samir Carruthers (MK Dons) dilego, Daniel Devine, Richard Dunne (QPR) bebas, Brett Holman (Al Nasr) bebas, Eric Lichaj (Nottingham Forest) bebas, Jean Makoun (Rennes), Andy Marshall (Millwall) bebas, Derrick Williams (Bristol City) bebas.

Warta Villa:
* Striker andalan Christan Benteka telah menandatangani kontrak baru menyusul penjaga gawang Brad Guzan, bek Ciaran Clark dan Matthew Lowton, gelandang Ashley Westwood dan striker Andreas Weimann.
*Gelandang Charles N'Zogbia menjalani operasi di Amerika Serikat setelah mengalami cedera otot Achilles.
* Villa menghadapi awal yang sulit di musim ini, dengan melakoni tiga pertandingan, melawan Arsenal (tandang), Chelsea (tandang) dan Liverpool (kandang).

Opini pengamat bola:
 Mike Taylor (BBC):
 "Paul Lambert memasukkan sejumlah nama pemain yang belum dikenal benar ke dalam skuadnya musim ini. Jika ia ingin beroleh sukses, maka ia perlu menerapkan taktik serupa pada musim ini. Fans setia Villa cukup gembira."
"Mampu masuk kesepuluh besar saja sudah merupakan hasil cemerlang, mengingat musim ini persaingan jauh lebih ketat dibandingkan dengan musim lalu.

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013