Villa punya kecepatan dalam melakukan serangan balik, dengan dimotori trisula, yakni Benteke, Andreas Weimann, dan Gabriel Agbonlahor.
Birmingham (ANTARA News) - Badai frustrasi melanda kubu Arsenal jelang laga perdana melawan Aston Villa. The Gunners rada-rada setengah hati ketika merespons alur perjalanan jendela transfer pemain musim kompetisi 2013/2014.

Skuad asuhan pelatih Arsene Wenger akan ditantang tim asuhan Paul Lambert dalam pertandingan Liga Primer (Premier League) musim 2013/2014 yang dihelat di Emirates Stadium pada Sabtu, pukul 21.00 WIB. Pertandingan itu akan disiarkan oleh stasiun televisi swasta nasional.

Arsenal memang tidak mulus ketika berburu pemain anyar, bahkan Wenger kerapkali terkesan frustrasi bercampur bimbang ketika menjawab jendela transfer musim ini. Ini terbukti manakala pelatih asal Prancis itu luput memboyong Gonzalo Higuain dan Clement Grenier.

Arsenal bahkan dikait-kaitkan dengan perburuan mendapatkan pemain Liverpool Luis Suarez.

Ujung-ujungnya, The Gunners mendapatkan ujung tombak asal Prancis, Yaya Sanogo. Pemain berusia 20 tahun itu digaet Arsenal dari klub Auxerre dengan status bebas transfer. Penampilannya tidak mengecewakan ketika melakoni laga pra-musim, meski ia sempat mengalami cedera hamstring.

Memasuki musim ini, Arsenal kehilangan sejumlah pemain, sebut saja pemain depan asal Rusia Andrey Arshavin, Gervinho, Andre Santos, Denilson dan  Marouane Chamakh. Arsenal finis di tempat keempat musim lalu, dan akan menjalani laga babak penyisihan 16 besar Liga Champions.

Berbalut frustrasi, Arsenal tetap berbunga-bunga karena di ajang pra-musim, mereka menorehkan lima kali kemenangan, sekali hasil imbang, dan sekali kalah. Di penghujung pra-musim, The Gunners menundukkan Manchester City, 3-1 dalam laga persahabatan di Helsinki, Finlandia.

Striker timnas Prancis, Olivier Giroud telah menjaringkan delapan gol selama laga pra-musim. Grafik penampilannya kian meningkat, sementara Theo Walcott telah mencetak empat gol.

Walcott yang kini berusia 24 tahun kini menjelma sebagai pencetak gol terbanyak bagi Arsenal sepanjang musim 2012/2013 bergulir. Ia mengoleksi sebanyak 14 gol. Sepeninggal Robin van Persie, lini depan Arsenal dihuni oleh Walcott.

"Saya memang sedikit mengalami cedera lutut. Saya perlu sedikit istirahat meski saya tetap siap turun dalam pertandingan Sabtu nanti. Pertandingan ini begitu berarti bagi Arsenal dan bagi saya sendiri," kata Walcott.

Arsenal juga besar kemungkinan tidak diperkuat oleh gelandang Mikel Arteta yang masih mengalami cedera otot dalam latihan pekan ini. Posisi Arteta akan diisi oleh Santi Cazorla yang nota bene siap membuat kalang kabut lini pertahanan "The Villans".

Pelatih Aston Villa, Paul Lambert berusaha sepenuh hati memasuki gerbang musim kompetisi Liga Primer tahun ini. Pelatih asal Skotlandia itu benar-benar berharap kepada penampilan pemain depan asal Belgia, Christian Benteke.

Pemain berusia 22 tahun itu telah mengemas 19 gol selama menjalani debut di Liga Primer. Selain penampilan Benteke yang terus moncer, kubu Villa membentangkan asa karena Lambert begitu bersemangat merespons perburuan pemain di jendela transfer musim ini.

Gayung bersambut, ia berhasil mendapatkan Jores Okore, Aleksandar Tonev, Antonio Luna, Nicklas Helenius dan Leandro Bacuna sebagai langkah memperkokoh skuad. Sementara, Jean Makoun baru kembali dari Prancis. Langkah ini ditempu karena Villa menghuni posisi ke-15 musim lalu.

"The Villans" pernah punya catatan apik ketika melawan Arsenal. Aston Villa meraih dua kemenangan dari 19 pertemuan melawan The Gunners, meski dua kemenangan itu diraih setelah pasukan Wenger pindah ke Emirates Stadium.

Prediksi pengamat sepak bola:

Mark Lawrenson (BBC.co.uk):
"Arsenal kehilangan Gonzalo Higuain. Wenger mengklaim bahwa ia dapat merebut gelar dengan atau tanpa mendapatkan Luis Suarez sekali pun. Saya tidak yakin benar akan kekuatan skuad yang ia miliki sekarang ini."

"Paul Lambert membuat serangkaian langkah mengesankan pada musim ini. Ia memasukkan enam pemain muda ke dalam skuad, dan para pendukung setia klub itu yakin dengan langkah yang dibuat Lambert. Fans menyebut langkah itu sebagai evolusi Paul Lambert dengan merekrut para pemain muda."

"Akankah Arsenal dapat bersaing musim ini, sementara mereka hanya memperoleh Benteke? Apakah The Gooners tidak melihat tantangan begitu berat di musim mendatang? Wenger perlu memutar otak untuk memenangi laga perdana melawan Villa, apalagi pertandingan idi digelar di Emirates Stadium."

Paul Merson (Guardian.co.uk):
"Jika Arsenal dapat memperoleh Luis Suarez maka mereka bakal dapat berbicara banyak di Liga Primer musim ini."

"Kini fans menanti penuh harap akan apa yang terjadi kelak di Emirates Stadium. Mereka menagih janji, karena manajemen klub itu pernah berencana mendatangkan sejumlah pemain hebat musim ini. Kenyataanya, hanya ada satu pemain baru yang masuk."

"Fans tengah patah hati karena mereka kehilangan sejumlah pemain pujaan, sebut saja Gonzalo Higuain yang pindah ke Napoli, Gustavo ke Wolfsburg. Fans sungguh tidak bahagia dengan situasi Arsenal saat ini."


Data dan fakta:

Arsenal FC:
* Arsenal kalah dua kali dalam 29 pertandingan selama pertemuan dengan Aston Villa (18 kali menang, imbang 9 kali, dan kalah dua kali).
* Prestasi Arsenal:  juara Liga Primer 19 kali, Piala FA 10 kali, Piala Liga dua kali, Piala Community Shield 12 kali, Piala Winners 1 kali.
* The Gunners hanya mengalami sekali kalah dalam 16 pertandingan Liga Primer musim 2012/2013 (menang 12 kali, imbang tiga kali, kalah sekali), gagal di babak kualifikasi 16 besar Liga Champions musim lalu.

Aston Villa:
* Skuad asuhan Paul Lambert ini hanya mengemas 17 poin dalam 10 pertandingan musim lalu (menang lima kali, imbang dua kali, dan kalah tiga kali).
* Villa mengakhiri musim dengan rekor defensif terburuk sejak 1986-1987, dengan kemasukan 69 gol.
* Prestasi Villa: juara Liga Primer tujuh kali, Piala FA tujuh kali, Piala Liga lima kali, Piala Community Shield satu kali, Piala Super Eropa satu kali, Piala Supertoto satu kali.
* Christian Benteke mencetak 49 persen dari jumlah seluruh gol yang disarangkan oleh skuad Villa musim lalu. Ia mencetak tujuh gol dalam lima pertandingan pra-musim selama musim panas lalu.

Prakiraan susunan pemain:
Arsenal FC (4-2-3-1):
Szczesny (penjaga gawang), Gibbs, Mertesacker, Koscielny, Sagna, Wilshere, Arteta, Cazorla, Rosicky, Goroud, Walcott

Aston Villa (4-3-3):
Guzan (penjaga gawang), Lowton, Okore, Vlaar, Luna, Sylla, Westwood, Delph, Weimann, Benteke, Agbonlahor


Prediksi tiga besar (Goal.com):    

* Arsenal FC 3-0 Aston Villa (20.58 persen)
* Arsenal FC 3-1 Aston Villa (16,33 persen)
* Arsenal FC 2-0 Aston Villa (13,78 persen)

Head to Head:

England - Premier League ‎(EPL)

23 Feb 2013     Arsenal FC 2 - Aston Villa 1     
25 Nov 2012     Aston Villa 0 - Arsenal FC 0     
24 Maret 2012     Arsenal FC 3 - Aston Villa 0     
22 Dec 2011     Aston Villa 1 - Arsenal FC 2     

Piala FA    
30 Jan 2012     Arsenal FC 3 - Aston Villa 2     
 
Lima laga terakhir:    

Arsenal FC
10 Aug 2013    Arsenal FC 3 - Manchester City 1    FRC
5 Aug  2013    Arsenal FC 1 - Galatasaray 2    FRC
3 Aug  2013    Arsenal FC 2 - Napoli 2    FRC
26 Jul 2013    Urawa Red Diamonds 1 - Arsenal FC 2    FRC
22 Jul 2013    Nagoya Grampus 1 - Arsenal FC 3    FRC


Aston Villa
10 Aug 2013    Aston Villa 3 - Malaga 2    FRC
4  Aug 2013    Shamrock Rovers 0 - Aston Villa 2    FRC
19 May 2013    Wigan Athletic 2 - Aston Villa 2    EPL
11 May 2013    Aston Villa 1 - Chelsea FC 2    EPL
4  May 2013    Norwich City 1 - Aston Villa 2    EPL

Narasi prediksi:
* Rasa hati kubu Emirates sedang bercampur aduk, antara optimistis dan bersulang hati. Arsenal terus mematut-matut diri sebagaimana diutarakan oleh Wenger. Katanya, "kami mengutamakan kualitas ketimbang kuantitas."
* Benteke manjadi tumpuan harapan Aston Villa. Lambert berharap kepada skuad muda yang ia susun agar cepat matang dengan menghadapi tim-tim papan atas Liga Primer musim ini.
* Villa punya kecepatan dalam melakukan serangan balik, dengan dimotori trisula, yakni Benteke, Andreas Weimann, dan Gabriel Agbonlahor.
* Gol pertama, siapa pun tim yang membuatnya dalam pertandingan ini, atau Arsenal atau Villa, relatif menentukan.

Prediksi editor Antaranews.com:
Arsenal FC: 2
Aston Villa: 1    

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013