Jakarta (ANTARA) -
Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto, mengatakan efisiensi penataan ekonomi pertahanan menjadi salah satu strategi Ganjar-Mahfud untuk membiayai belanja alutsista tanpa utang.
 
Strategi tersebut, lanjutnya, sejalan dengan Undang-Undang Industri Pertahanan yang mendorong kemandirian industri pertahanan melalui mekanisme offset alih teknologi.
 
“Kalau itu dilakukan maka belanja pertahanan tidak lagi mengandalkan utang, tidak lagi mengandalkan pinjaman, tapi sudah bisa diubah menjadi investasi pertahanan,” ujar Andi Widjajanto saat wawancara eksklusif bersama ANTARA di Jakarta, Jumat (5/1).

Baca juga: TKN: Pembelian alutsista untuk keamanan negara dari potensi serangan

Baca juga: Presiden: Belanja alutsista harus berdasarkan skala prioritas
 
Offset menjadi istilah yang dipakai untuk menyebut tingkat pencapaian alih teknologi dari luar ke dalam BUMN strategis. Hal ini dimaksudkan untuk mulai menghentikan penggunaan produk impor jika industri domestik mampu memenuhi.
 
Lebih lanjut, Andi menjelaskan mekanisme offset alih teknologi tersebut juga bertujuan mengejar target pencapaian rencana strategis (renstra) yang harus mencapai seratus persen di akhir 2024.
 
“Tapi kalau kita berpatokan ke pencapaian renstra 2, renstra 3 dari Minimum Essential Force (MEF) 2024 yang harus mencapai angka seratus persen di akhir 2024 dan tampaknya masih ada gap sekitar 30-an persen yang harus diselesaikan di pemerintahan yang baru,” lanjutnya.
 
Komisi Pemilihan Umum kembali menggelar debat pilpres ketiga yang akan diselenggarakan di Istora Senayan pada tanggal 7 Januari 2024 dan ditayangkan di Garuda TV serta jaringan MNC Group, yakni MNC TV, RCTI, Global TV, dan iNews TV mulai pukul 19.00 WIB.
 
Debat yang akan mempertemukan para capres untuk kedua kalinya tersebut mengangkat tema seputar pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.
 
KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
 
 
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2024