Bakauheni (ANTARA News) - Ratusan penumpang dialihkan ke Dermaga Lima Pelabuhan Bakauheni, Provinsi Lampung, dengan menggunakan bus dan truk oleh pihak kepolisian.

Berdasarkan pantauan di Bakauheni, Senin sore, ratusan penumpang yang telah membeli tiket dialihkan ke Dermaga Lima sebab antrean penumpang pejalan kaki sudah mencapai 30 meter lebih di dermaga satu hingga tujuh.

Dermaga satu hingga tiga pun sudah penuh pemudik, sehingga harus dialihkan ke dermaga lima agar tidak terjadi penumpukan yang semakin panjang. Penumpang pejalan kaki telah penuh sejak pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Kepala KSKP Bakauheni, AKP Harto Agung mengatakan terjadi penumpukan gang menuju dermaga satu hingga tiga, sehingga perlu dilakukan pengalihan penumpang yang sudah membeli tiket.

"Penumpang yang sudah memiliki tiket langsung dialihkan ke dermaga untuk berangkat menuju dermaga lima menggunakan bus dan truk," kata dia.

Menurutnya, banyak penumpang yang berterima kasih karena mereka langsung mendapatkan kapal untuk menuju Merak.

"Penumpang arus balik ini banyak yang membawa anak kecil, sehingga harus cepat dialihkan," katanmna.

"Pengalihan ini cepat dilakukan, jangan sampai ada lagi penumpang bila terjadi hal yang sama bus dan truk polisi sudah disiagakan 24 jam. Ditakutkan pada malam hari ini, akan terjadi lonjakan jumlah penumpang sehingga pihak aparat selalu siaga, dan ini akan dilakukan hingga operasi ketupat selesai," katanya.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013