...pasalnya karyawan swasta baru masuk kerja pada Kamis lusa..."
Bandung (ANTARA News) - Polres Bandung mengantisipasi bludakan arus balik lebaran gelombang kedua pada Selasa dan Rabu ini di jalur Nagreg dan Cileunyi.

"Meski puncak arus balik Lebaran 2013 di jalur Nagreg diprediksi sudah lewat, namun kami antisipasi kemungkinan ada arus balik gelombang kedua pasalnya karyawan swasta baru masuk kerja pada Kamis lusa," kata Kapolres Bandung, AKBP Kemas A Yamin, di Bandung, Selasa.

Prediksi itu, kata Kapolres berdasarkan tren arus balik yang biasaya meningkat dua atau satu hari menjelang masuk kerja.

Untuk PNS yang masuk kerja pada Senin (12/8) mengakibatkan puncak arus balik pada Sabtu dan Minggu, sedangkan karyawan swasta dan pabrik yang mulai masuk pada Kamis (15/8) kemungkinan puncak arus balik mereka pada Selasa dan Rabu.

"Pokoknya kami antisipasi, namun kelihatan dalam dua hari terakhir ini kecenderungan kendaraan yang melintas di kawasan Nagreg dan Cileunyi menurun. Tapi kami antisipasi saja," kata Kemas.

Tidak adanya kemacetan luar biasa di jalur Pantura membuat limpahan kendaraan ke jalur selatan pada arus balik Lebaran 2014 tidak terlalu signifikan di jalur selatan.

Polres Bandung sendiri telah melakukan rekayasa jalur dan strategi pemecahan kepadatan arus lalu lintas di jalur Nagreg dan Cileunyi yang terbukti cukup efektif untuk mengurai kemacetan di kawasan itu.

"Kami siapkan beberapa sistem pengurai kemacetan, sesuai dengan tingkatannya. Alhamdulillah sejauh ini cukup efektif, termasuk pada puncak arus balik lalu," kata Kapolres Bandung.

Selain itu, kedisiplinan dan kesadaran para pemudik juga kian meningkat, sehingga lebih tertib dalam melakukan perjalanan. Termasuk pada saat arus balik para pemudik tidak terlalu diburu waktu.

"Pengendara pada arus balik ini secara psikologis lebih bagus, mereka tidak diburu waktu dan tidak terlalu cepat," katanya menambahkan.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013