Kalau ini, adalah murni dari bawah dan mewakili masyarakat mayoritas yang tidak bisa hadir.
Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden RI Mahfud Md. mengatakan bahwa dukungan dari Forum Betawi Rempug (FBR) dan Ikatan Keluarga Madura (Ikama) menunjukkan dukungan yang murni dari bawah.

Mahfud merujuk deklarasi dukungan FBR dan Ikama untuk dirinya bersama Calon Presiden RI Ganjar Pranowo di kawasan Cakung, Jakarta, Sabtu (6/1).

"Kalau ini, adalah murni dari bawah dan mewakili masyarakat mayoritas yang tidak bisa hadir karena tidak ada pancingan-pancingan, pancingan-pancingan yang sifatnya materiel," kata Mahfud usai menghadiri deklarasi di kawasan Cakung.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) itu juga mengatakan bahwa dukungan tersebut bukanlah hal yang dimobilisasi.

"Rakyat di bawah itu akan berpartisipasi dan memilih secara benar, tetapi tidak dimobilisasi. Kalau dimobilisasi, itu artinya orang datang, dibayar, lalu dijanjikan sesuatu dan seterusnya," ujarnya.

Mahfud juga mengatakan bahwa dukungan dari masyarakat, seperti yang dilakukan FBR dan Ikama, menunjukkan suara masyarakat yang sangat besar.

"Maksudnya apa? Ya kami akan menunjukkan bahwa denyut-denyut kehidupan masyarakat di bawah itu, itu sebenarnya mempunyai suara-suara yang sangat besar cuma mereka tidak dimobilisasi," katanya.

Menurut Mahfud, tidak hanya masyarakat Betawi dan Madura saja yang mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud, tetapi juga semua suku yang datang untuk menyaksikan dukungan tersebut.

"Saudara, ini adalah kampanye yang mewakili dua suku yang ada di Jakarta, yang tadi dominan adalah Betawi melalui organisasi Forum Betawi Rempug dan Ikama, Ikatan Keluarga Madura. Akan tetapi, hampir semua suku tadi datang, hanya penyelenggaranya saja yang Betawi dan Madura. Tadi ada dari Dayak, dari NTT (Nusa Tenggara Timur), dari Tapanuli, dan sebagainya. Banyak yang datang tadi," kata Mahfud.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024