jika beraklamasi satu putaran akan lebih baik
Jakarta (ANTARA) - Wakil Komandan Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran, Fahri Hamzah, menilai suksesi kepemimpinan di Indonesia harus berlangsung efektif dan efisien, karena situasi geopolitik dunia sedang sangat dinamis.

"Indonesia membutuhkan transisi kepemimpinan yang cepat, karena kondisi geopolitik dunia sangat tidak stabil. Kita perlu pilpres yang efisien dan efektif, untuk kemudian segera beradaptasi. Jadi, jika beraklamasi satu putaran akan lebih baik," kata Fahri Hamzah dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Dia menjelaskan perang Ukraina dan Rusia, konflik Israel dan Palestina, serta meningkatnya tensi antara Amerika Serikat dan China mengubah konstelasi dunia.

Hal itu, menurut Fahri, sangat berpengaruh pada Indonesia mengingat pekerjaan rumah Indonesia masih begitu banyak.

"Posisi Indonesia harus terus melanjutkan pembangunan dengan memanfaatkan momentum bonus demografi. Jika benar-benar ingin menjadi negara maju, maka kita harus segera tinggal landas dan mengambil peran strategis. Tidak ada waktu untuk kembali mengubah strategi, apalagi mundur ke belakang," jelasnya.

Baca juga: GSP yakin peluang Prabowo-Gibran menang satu putaran sebesar 70 persen

Oleh karena itu, dia berpandangan jika Pilpres 2024 bisa dilaksanakan dalam satu putaran, maka akan mempercepat konsolidasi nasional bangsa Indonesia.

"Perlu diketahui, sekali putaran ini yang dihemat tak hanya uang, tetapi juga energi dan waktu bangsa. Kita mengurangi energi dan waktu untuk suksesi dan segera kembali mulai bekerja. Ini akan mempercepat konsolidasi nasional," tambahnya.

Dia menilai kesempatan pilpres satu putaran telah terbuka lebar melalui pasangan presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Kesempatan itu sekarang ada di Prabowo-Gibran, karena berada posisi selangkah lagi menuju satu putaran. Sekarang tergantung bagi masyarakat Indonesia yang menentukan," katanya.

Baca juga: Pengamat politik prediksi Pilpres 2024 berlangsung dua putaran

Fahri mengatakan kompetensi Prabowo dalam hal politik luar negeri tak perlu diragukan lagi, karena dengan pengalamannya akan menciptakan diplomasi luar negeri yang kuat dan mendapat penghormatan di tingkat internasional.

"Pak Prabowo satu-satunya figur capres hari ini yang memiliki pengalaman yang cukup, serta wibawa untuk menciptakan diplomasi luar negeri yang kuat, serta menimbulkan efek segan di kalangan internasional," ujar Fahri Hamzah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Relawan Prabowo-Gibran dukung menang satu putaran demi hemat anggaran

Pewarta: Aprillio Abdullah Akbar
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024