Jakarta (ANTARA) -
Ketua Koordinator Nasional Relawan Penerus Negeri, Muhammad Pradana Indraputra mendukung pasangan calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memenangi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 satu putaran demi menghemat anggaran negara.
 
"Banyak keuntungan yang didapatkan apabila pilpres pelaksanaan nya hanya dalam satu putaran dilihat dari sisi ekonomi," katanya dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Indraputra memperkirakan penyelenggaraan Pilpres 2024 satu putaran memberi kesempatan bagi negara untuk memangkas anggaran Rp27 triliun yang terdiri dari Rp17 triliun biaya KPU dan Rp10 triliun biaya keamanan pemilu.

Menurut dia penghematan tersebut bisa dialokasikan kepada hal lain yang lebih berguna untuk kepentingan rakyat.

Baca juga: TKN tak permasalahkan komunikasi pasangan calon lain soal dua putaran
Baca juga: Pakar: KPU perlu waspadai serangan siber akibat keteledoran SDM


Dia juga menilai Prabowo-Gibran layak memenangi Pilpres 2024 satu putaran karena kedua tokoh itu memiliki program yang berpihak kepada anak muda dan pemilih pemula.
 
Hal tersebut membuat elektabilitas Prabowo-Gibran semakin meroket lantaran lebih dari 50 persen pemilih pada pemilihan presiden nanti adalah anak muda.
 
"Hasil survei nasional saat ini angka elektabilitas Prabowo- Gibran sudah mendekati 50 persen, masih ada 40 hari lagi menuju pemilu serentak," kata dia.
 
Oleh karena itu, Indrianto menegaskan dia bersama relawan muda lain mengupayakan kemenangan Prabowo-Gibran satu putaran demi kepentingan bersama.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024