Hanoi (ANTARA News) - Perjanjian ekstradisi antara Vietnam dan India secara resmi mulai berlaku Senin setelah pertukaran dokumen ratifikasi, kata kantor berita negara VNA dalam laporannya.

Acara ini menandai tonggak sejarah dalam kemitraan komprehensif India-Vietnam yang telah berkembang di segala bidang sejak berdirinya lima tahun lalu, kata Duta Besar India untuk Vietnam Rannjit Rae.

Ini merupakan langkah maju yang penting dari lembaga penegak hukum kedua negara, yang akan menempatkan perjanjian transfer pidana dalam praktik, kata Rae.

Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam Ho Xuan Son menyatakan harapannya bahwa kedua pihak akan terus bekerja sama untuk melaksanakan dokumen secara efektif, guna memperkuat persahabatan dan kerja sama yang komprehensif untuk kemakmuran kedua negara serta perdamaian dan stabilitas regional dan global.

Perjanjian ekstradisi antara Vietnam dan India ditandatangani selama kunjungan Presiden Vietnam Truong Tan Sang ke India pada tahun 2011, demikian seperti dikutip dari Xinhua.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013