Selama masa liburan tersebut KAI Divre Tanjungkarang rata-rata melayani 3.140 pelanggan per hari.
Bandarlampung (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional IV Tanjungkarang mencatat 56.525 orang atau pelanggan menggunakan angkutan kereta api (KA) selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Selama masa liburan tersebut KAI Divre Tanjungkarang rata-rata melayani 3.140 pelanggan per hari," kata Manager Humas KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang Azhar Zaki Assjari, di Bandarlampung, Minggu.

Ia mengatakan bahwa selama masa libur natal dan tahun baru tersebut keterisian tempat duduk kereta api sangat baik dengan mencapai rata-rata 120,11 per hari.

"Relasi yang menjadi favorit masyarakat pada periode natal dan tahun baru tersebut yaitu Tanjungkarang-Kertapati (PP) dan Tanjungkarang-Baturaja (PP)," kata dia pula.

Dia juga menyebutkan, stasiun dengan volume keberangkatan tertinggi, yaitu ada di Tanjungkarang sebanyak 18.616 pelanggan, Kotabumi 10.758 pelanggan, Baturaja 8.410 pelanggan, Martapura 4.156 pelanggan dan Labuhanratu sebanyak 3.827 pelanggan.

"Sedangkan volume kedatangan pelanggan KA juga tinggi di beberapa stasiun, seperti Stasiun Tanjungkarang 18.644 pelanggan, Kotabumi 9.869 pelanggan, Baturaja 9.000 pelanggan, Martapura sebanyak 4.102 pelanggan, dan Labuhanratu sebanyak 4.048 pelanggan," kata dia lagi.

Zaki mengatakan, jumlah pelanggan yang menggunakan KA tersebut mengalami kenaikan sebesar 109,54 persen dibanding periode yang sama di tahun 2022/2023. Hal ini dikarenakan Divre IV Tanjungkarang menambah satu kereta ekonomi pada rangkaian KA Kuala Stabas yang pada kondisi normal jumlah tempat duduknya yaitu 320 kursi.

"Selain itu, ada juga penambahan kereta pada KA Rajabasa relasi Tanjungkarang sampai dengan Kertapati yang saat normal ada lima kereta ekonomi dalam satu rangkaian. Sedangkan pada masa natal dan tahun baru, Divre IV menambah satu kereta ekonomi pada satu sisi perjalanan pada rangkaian KA Rajabasa tersebut," kata dia pula.

Dia juga mengatakan bahwa pada masa natal dan tahun baru, Divre IV Tanjungkarang memiliki sistem layanan Lost and Found, dimana para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barangnya di dalam kereta api atau di stasiun dapat melaporkan kepada petugas ataupun dapat juga melalui Contact Center KAI 121.

“Selama masa natal dan tahun baru, terdapat dua barang temuan dengan estimasi nilai barang sebesar Rp41.600.000. Keduanya berhasil sudah diamankan dan dimasukkan pada database sistem Lost and Found. Jenis item barang berharga yang diamankan seperti body bag yang di dalamnya berisi ipad dan sepatu bermerek, selain itu ada juga helm yang tertinggal,” kata dia lagi.
Baca juga: KAI Tanjungkarang operasikan enam KA pada Natal dan Tahun Baru
Baca juga: KAI Tanjungkarang siapkan water station untuk penumpang

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024