Jakarta (ANTARA) - Kepolisian memperketat penjagaan area menjelang debat calon presiden (capres) Pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, pada Minggu pukul 19.00 WIB.
 
"Di depan Istora ini ada penyekatan antarmasa pendukung (yang tidak ada undangan), apabila memang akan datang," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro di Jakarta.

​​​​​​Setiap ada pasangan calon (paslon) dan massa pendukungnya datang, Kepolisian sudah menyiapkan pengamanan.
 
Setiap untuk massa pendukung sudah disiapkan hingga 150 personel untuk menyekat area debat dan memastikan setiap tamu yang datang membawa undangan. Hal ini sebagai evaluasi dari pelaksanaan debat yang pertama dan kedua.
 
"Tentunya pengamanan pada hari ini kita mengevaluasi pengamanan pada debat pertama dan kedua," katanya.

Baca juga: Kepolisian lakukan pemetaan keamanan saat debat capres

Hasil evaluasi memang ternyata masih ada peserta yang datang tetapi bukan undangan. "Ini para penggembira, para simpatisan, masing-masing paslon itu juga membawa massa," kata Susatyo.
 
Selain itu, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Pengamanan Dalam (pamdal) KPU RI untuk memastikan acara debat berlangsung aman, damai, tertib dan tidak saling bersinggungan satu sama lain.
 
Terkait alur kendaraan, pihaknya juga mengatur arus kendaraan khusus paslon yang akan masuk ke kawasan Istora Senayan.
 
"Sehingga di kawasan GBK saat ini semua pintu masih normal, sore pukul empat lewat nanti kita mulai menutup pintu lima. Yang kita akan maksimalkan untuk kendaraan para undangan juga paslon, yaitu pintu yang paling dekat dengan Istora," kata Susatyo.

Baca juga: Ribuan personel Polda Metro disiapkan untuk debat capres
 
Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya:
 
1. Arus lalu lintas yang dari Jalan Gatot Subroto yang menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke Jalan Gatot Subroto arah Slipi
2. Arus lalu lintas dari arah Jalan Asia Afrika diarahkan lurus ke arah Jalan Hang Tuah Raya
3. Arus lalu lintas yang dari Bundaran Senayan yang akan menuju ke Jalan Pintu Senayan diarahkan lurus ke Jalan Jenderal Sudirman
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 yang diikuti oleh tiga capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam mulai pukul 19.00 WIB.
 
Debat yang diikuti oleh capres kali ini mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024