kita kerahkan 3.041 personel gabungan
Jakarta (ANTARA) -
Polda Metro Jaya menyiapkan sebanyak 3.041 personel gabungan untuk mengamankan debat ketiga calon presiden (capres) Pemilu 2024 di Istora Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Minggu.
 
"Untuk pengamanan, kita kerahkan 3.041 personel gabungan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri sekaligus Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, dalam keterangan tertulis, di Jakarta. 

Trunoyudo menjelaskan 3.041 personel gabungan itu terdiri dari 2.877 personel Polri (Satgaspus 727 personel, Satgasda 2.000 personel, dan Satgasres 100 personel), 120 personel TNI (TNI AD 100 personel dan POM AD 20 personel), serta 94 personel Pemda DKI (Satpol PP 40 personel, Dishub 35 personel, Derek 5 personel dan Damkar 14 personel).

"Pengamanan personel gabungan Polri, TNI dan Pemerintah Provinsi DKI, sesuai dinamika hakekat tugas fungsi sasaran pengamanan debat capres cawapres ketiga melalui satgas preemtif, preventif, humas dan bantuan operasi," katanya.

Baca juga: Kaukus 89 yakin Anies mumpuni hadapi debat ketiga

Trunoyudo menambahkan dari 12 pintu akses di kawasan GBK, beberapa di antaranya juga akan dilakukan penutupan sebagian untuk pengamanan.

"Pintu akses yang ditutup yakni pintu satu, dua, tiga, empat, enam, 9, 11 dan 12. Sedangkan untuk pintu lima dan delapan hanya digunakan untuk akses keluar, sedangkan untuk pintu tujuh dan 10 digunakan untuk pintu akses masuk dan keluar," ucapnya.

Lebih lanjut, Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur tersebut menjelaskan, Ditlantas Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan GBK.

Namun, penerapan rekayasa lalu lintas ini bersifat situasional, tergantung pada kondisi dan situasi di lapangan.

Baca juga: Budiman Sudjatmiko optimistis Prabowo mampu kuasai debat ketiga

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya:

1. Arus lalu lintas yang dari Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke Jalan Gatot Subroto arah Slipi

2. Arus lalu lintas dari arah Jalan Asia Afrika diarahkan lurus ke arah Jalan Hang Tuah Raya

3. Arus lalu lintas yang dari Bundaran Senayan yang akan menuju ke Jalan Pintu Senayan diarahkan lurus ke Jalan Jenderal Sudirman

Baca juga: H-1 debat ketiga, Ganjar tegaskan sudah siap

Debat ketiga capres Pemilu 2024 akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, pada 7 Januari 2024, dengan topik pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024