Serangan dan kritik yang muncul belakangan terhadap Prabowo sebagai Menhan tak lepas dari faktor pencapresan Prabowo.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Komandan Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran, Nurul Arifin, optimistis Calon Wakil Presiden RI Prabowo Subianto mampu unggul dalam debat Pilpres 2024 dengan tema pertahanan dan geopolitik yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam.

Nurul Arifin yang juga anggota Komisi I DPR RI mengatakan bahwa sebagai Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto sering didaulat survei sebagai menteri yang berkinerja terbaik di dalam Kabinet Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

"Menjelang debat ketiga ini, saya sebagai anggota Komisi I DPR RI dan merupakan mitra kerja Kemhan ingin mengapresiasi dan memberikan catatan. Bahwa dari tahun ke tahun sejak diangkat, selalu ada hasil survei dari lembaga yang kredibel menyatakan sebagai Menhan, Pak Prabowo adalah menteri berkinerja paling baik dan paling memuaskan publik," kata Nurul berdasarkan keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Nurul Arifin yang juga politikus Partai Golkar ini menuturkan bahwa kiprah Prabowo sebagai menteri dengan kinerja terbaik telah terpotret sejak 2020, tahun pertama Prabowo menjadi Menteri Pertahanan.

Ia menyebut hasil survei Charta Politika periode Juli 2020 saat itu menunjukkan 12,8 persen responden menilai kinerja Prabowo yang terbaik ketimbang menteri lainnya.

Pada tahun kedua sebagai menteri (2021), Prabowo Subianto didaulat sebagai Menteri Berkinerja Terbaik oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis pada bulan Februari dengan tingkat kepuasan mencapai 75 persen dan disusul Sandiaga Uno dengan 69 persen.

Baca juga: Polisi siagakan kendaraan taktis untuk pengamanan Debat Pilpres
Baca juga: Prabowo diskusi dengan purnawirawan dan ahli pertahanan jelang debat


Selanjutnya, pada tahun 2022 dalam survei Poltracking periode bulan November, Prabowo didaulat sebagai menteri dengan tingkat kepuasan publik paling tinggi dengan angka 61,4 dan menjadi satu-satunya menteri dengan tingkat kepuasan yang mencapai lebih dari 60 persen.

Tren tersebut berlanjut hingga pertengahan tahun 2023. Poltracking kembali merilis survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja menteri pada periode Februari, Maret, dan April.

"Hasilnya, nama Prabowo Subianto kembali menempati urutan teratas dengan tingkat kepuasan 64,8 persen, disusul oleh Menteri BUMN Erick Thohir dengan 64,3 persen," katanya.

Selain Poltracking, lembaga Indikator Politik Indonesia pada tanggal 20—24 Juni 2023 juga menunjukkan hasil serupa. Kinerja Prabowo sebagai Menhan mendapat tingkat kepuasan masyarakat sebesar 91,7 persen.

Dalam survei tersebut, sepak terjang Prabowo dinilai sangat positif karena berhasil membuat terobosan cemerlang.

Kendati demikian, Nurul Arifin memahami kepuasan publik terhadap kinerja Prabowo akan diiringi oleh kritik yang ditujukan kepadanya.

Namun, dia meyakini hasil survei yang dipaparkan berbagai lembaga telah menunjukkan kualitas Prabowo secara objektif.

Serangan dan kritik yang muncul belakangan terhadap Prabowo sebagai Menhan, menurut dia, tak lepas dari faktor pencapresan Prabowo dan situasi politik terkini.

"Ini hal biasa. Saat kontestasi politik belum dimulai, publik menilai bagus kinerja Menhan. Jadi, kalau hari-hari ini dianggap jelek, diserang kiri kanan, wajar karena kemungkinan besar hal tersebut dari persaingan dalam kontestasi pilpres," katanya.

Meski begitu, Nurul yakin masyarakat sudah sangat cerdas dalam menilai situasi tersebut.

"Masyarakat sudah cerdas dalam menilai. Sangat memahami situasi dinamika kampanye yang terkadang saling menjatuhkan. Saya yakin kinerja dan rekam jejak yang sudah terbukti dari Pak Prabowo tidak bisa dikalahkan oleh tudingan, kebencian, dan fitnah yang dilancarkan kepada beliau," katanya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fauzan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024