Jakarta (ANTARA) - Kepolisian mengerahkan Polisi Berkuda (Turangga) untuk mengamankan debat calon presiden (papres) Pemilu 2024 di Istora Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Minggu malam.

Polisi Berkuda dari Baharkam Polri didatangkan untuk memperkuat pengamanan. Setidaknya dua ekor kuda yang ditunggangi polisi mengitari Istora Senayan, Gelora Bung Karno (GBK).
 
Selain itu, pasukan gabungan dari TNI, Polri, Pengamanan Dalam (Pamdal) KPU serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai berjaga di pintu masuk tamu undangan. Puluhan personel bermotor trail dari Polri melaksanakan patroli mengitari kawasan GBK untuk memastikan keamanan di luar Istora Senayan.

Pada pukul 17.50 WIB, puluhan polisi berseragam lengkap juga sudah melakukan penjagaan di pintu masuk serta akses masuk kendaraan maupun orang menuju Istora Senayan.

Baca juga: Pendukung Ganjar-Mahfud bawa drumband dan panci
Baca juga: Polisi larang massa pendukung paslon bawa pengeras suara ke Istora
 
Tidak hanya itu, di lahan yang telah disiapkan di depan Istora Senayan, massa dari pasangan calon (paslon) berkumpul untuk memberikan dukungan kepada calonnya.
 
Debat capres ini dijaga oleh sebanyak 3.041 personel gabungan. Dari Polda Metro Jaya terdiri dari 2.877 personel Polri (Satgaspus 727 personel, Satgasda 2.000 personel dan Satgasres 100 personel).

Sebanyak 120 personel TNI (TNI AD 100 personel dan POM AD 20 personel)nserta 94 personel Pemda DKI (Satpol PP 40 personel, Dishub 35 personel, derek 5 personel dan Damkar 14 personel).
 
Karo Penmas Divisi Humas Polri sekaligus Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan, dari 12 pintu akses di kawasan GBK, beberapa di antaranya dilakukan penutupan sebagian untuk pengamanan.

Baca juga: Pendukung AMIN mulai padati Senayan
Baca juga: Polisi perketat penjagaan area debat capres

 
Polisi Berkuda (Turangga) melaksanakan patroli di sekitar Istora Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/1/2024). ANTARA/Bayu Pratama Syahputra.
Pintu akses yang ditutup, yakni pintu satu, dua, tiga, empat, enam, 9, 11 dan 12. Untuk pintu lima dan delapan hanya digunakan untuk akses keluar.

"Sedangkan untuk pintu tujuh dan 10 digunakan untuk pintu akses masuk dan keluar," katanya.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 yang diikuti oleh tiga calon presiden (capres) di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam mulai pukul 19.00 WIB.
 
Debat untuk kedua kalinya itu mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri.
 
Debat capres tersebut dipandu oleh dua moderator, yakni Anisha Dasuki dan Aryo Ardi. Kemudian, ada 11 panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk ketiga capres peserta Pilpres 2024.
Baca juga: Kepolisian lakukan pemetaan keamanan saat debat capres

Pewarta: Bayu Pratama Syahputra
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024